Sukses

Faktor Internal dan Eksternal Penyebab Kuku Mudah Patah

Penggunaan pembersih cat kuku bisa membuat kuku jadi mudah patah tapi bisa juga kondisi itu karena ada permasalah di tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Mendapati kuku patah padahal baru saja dirawat di salon tentu tak menyenangkan. Mengenai penyebabnya bisa beragam.

“Kuku bisa menjadi lemah dan mudah patah karena beberapa alasan,” kata dermatolog dari Albert Einstein College of Medicine, Amerika Serikat, Robin Evans. 

Salah satu penyebab kuku patah bisa karena usia. Kuku terbuat dari keratin, semakin bertambahnya usia semakin sedikit pula keratin yang diproduksi.

Selain itu, kuku juga jadi mengering yang kemudian menjadi patah karena terpapar zat. Misalnya terlalu sering terpapar produk pembersih, penggunaan cat kuku dan penghapus cat kuku berbasis aseton. 

Selain faktor eksternal, kuku mudah patah bisa karena faktor internal seperti disampaikan dermatolog Huntington Hosptital, Raman Madan. 

“Itu bisa menjadi tanda kekurangan zat besi, hipotiroid, Sindrom Raynaud (kondisi berkurangnya aliran darah),” kata Raman seperti dilansir Prevention. 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ke Dokter

Bila hanya kuku tangan Anda yang bermasalah tapi kuku kaki baik-baik saja, besar kemungkinan penyebabnya karena masalah eksternal seperti disampaikan Madan. 

Jika kuku tangan dan kaki bermasalah atau permasalahan ini berlangsung lama lebih dari 3 bulan, sebaiknya konsultasi ke dermatolog atau dokter spesialis kulit. 

 

Penulis: Selma Vandika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.