Sukses

Mintalah ke Apoteker Obat Dalam Kemasan, Jangan yang Telanjang

Terdapat semua informasi mengenai obat yang akan diminum di kemasan obat tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Saat membeli obat di apotek, pasien harus memastikan bahwa obat-obat yang diterima tidak dalam keadaan telanjang. Mintalah ke petugas dalam bentuk kemasan.

Menurut Wakil Sekretaris Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Dra R Dettie Yuliati M.Si Apt, institusi farmasi sudah menyiapkan informasi untuk semua jenis obat di kemasan (package insert).

"Kalau tidak mengerti, tanyakan (ke apoteker)," kata Dettie dalam sebuah diskusi Optimalisasi Peran Apoteker untuk Menjamin Pengobatan Rasional dan Cost-Effective di Cikini, Jakarta Pusat pada Selasa, (24/9/2019).

Selain itu, tanyakan juga ke apoteker mengenai tempat penyimpanan obat yang tepat. Sebab, tidak semua obat boleh disimpan di kulkas maupun di suhu ruangan.

"Misalnya obat sirup. Memang taruhnya di kulkas, tapi tidak juga di freezer-nya. Kalau kita simpan di freezer, susah, harus menunggu suhu kamar (supaya dapat diminum)," kata Dettie.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tempat Simpan Obat

Begitu juga dengan obat yang harus disimpan di suhu kamar, usahakan jangan sampai terkena cahaya matahari langsung karena bisa merusak obat.

Hal ini juga yang menjadi fokus Ikatan Apoteker Indonesia dalam menyambut Hari Apoteker Sedunia pada 25 September 2019. Salah satu programnya, mengedukasi apoteker cilik.

"Pembelajarannya seputar benar atau tidak. Misal, saat melihat obat tergeletak, dia bisa atau berani tidak menegur orangtuanya kenapa obat tergeletak begitu saja," katanya.

"Kegiatan ini sudah mendunia. Dan ini penting," Dettie menekankan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.