Sukses

Jerawat Berkurang dengan Pantang Santap 5 Makanan Ini

Bagi Anda yang sedang berjuang melawan jerawat di wajah, hindari makanan ini. Salah satunya makanan pedas.

Liputan6.com, Jakarta Jerawat di wajah merupakan salah satu masalah pelik bagi sebagian orang. Beragam cara sudah dilakukan tapi tak terlihat hasilnya. Namun, jangan menyerah, coba terlebih dahulu dengan menghindari beberapa jenis makanan bisa mengurangi jerawat.

Makanan memang punya peran besar memengaruhi kondisi kulit. Itu sebabnya dokter yang mendalami estetika Kevin A. Maharis mengingatkan pasien dengan keluhan jerawat untuk menghindari beberapa jenis makanan.

"Untuk jerawat, saya selalu bilang ke pasien saya 5 aturan makanan yang harus dihindarkan," kata pendiri Maharis Clinic ini.

Pertama-tama, makanan pedas. Menurut Kevin, makanan pedas terkait dengan inflamasi atau peradangan yang juga memengaruhi kulit.

"Kalau kita konsumsi makanan pedas muncul inflamantory reaciton, yakni kulit jadi merah, keringatan dan sebagainya," kata pria yang ditemui di Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2019).

Memang, efek tersebut tidak berlaku bagi semua orang, tapi alangkah baiknya pemilik wajah berjerawat menghindari makanan yang memicu peradangan.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gorengan

Kedua, hindari makanan yang kaya minyak jenuh. Salah satu contohnya adalah menghindari gorengan.

Hindari juga makanan manis dan mengandung susu. "All dairy products, seperti yoghurt, keju, susu bahkan boba yang lagi ngetren itu sebaiknya dihindari," paparnya. 

Terakhir, hindari kacang-kacangan termasuk kacang tanah. "Namun, ada beberapa pengecualian, seperti almond dan soya. Itu good," tuturnya.

Jika disiplin menghindari makanan seperti di atas, jerawat bakal berkurang dalam jangka waktu sebulan. "Coba deh satu bulan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.