Sukses

8 Cara Lindungi Diri dari Dampak Asap

Tak cuma di Riau, kabut asap kini juga meluas ke beberapa propinsi di sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Hingga hari ini kabut asap masih terasa di beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan. Tindakan preventif diperlukan agar tak banyak warga di wilayah terdampak yang jatuh sakit.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara yang mengimbau masyarakatnya melindungi diri dari kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau.

"Ada delapan trik melindungi diri dari kabut asap yang wajib dilakukan oleh masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli, Wilser Napitupulu di Gunungsitoli seperti dikutip Antara.

Masyarakat disiplin berperilaku hidup dan sehat, menggunakan masker, memperbanyak minum air putih, mengurangi aktivitas keluar rumah, menutup celah celah rumah dengan kain basah.

Kemudian memperbanyak konsumsi buah dan sayur, mencuci bersih dan memasak makanan dengan baik, serta segera ke sarana kesehatan bila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan lainnya.

"Dampak asap saat ini sudah pasti dirasakan oleh warga dengan berbagai variasi. Dampak tersebut seperti gangguan pernapasan yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabut Asap Sampai Nias

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Bandar Udara Binaka, Budi Samsaji mengatakan sebaran asap akibat karhutla di Riau sudah mulai meluas ke Kepulauan Nias bagian timur.

"Soal tingkat paparan asap sebenarnya kewenangan kementerian lingkungan hidup, dan hingga saat ini masih belum dilakukan pengukuran," tambahnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.