Sukses

Main Catur Bakar Kalori Lebih Banyak dari Jogging?

Berat badan para pecatur dunia mengalami penurunan usai mengikuti turnamen.

 

Liputan6.com, Jakarta Orang normal butuh olahraga keras agar kalorinya terbakar lebih dari 1.000 dalam sehari. Tidak bagi pemain catur, yang dapat membakar sampai 6.000 kalori saat bertanding selama dua jam.

Mengapa itu bisa terjadi? Mengingat olahraga catur atletnya hanya duduk diam dan berpikir keras.

Menurut peneliti dari Stanford University, Robert Sapolsku, atlet catur bisa membakar kalori sebanyak itu lantaran selama mengikuti turnamen tingkat pernapasannya meningkat tiga kali lipat, terjadi peningkatan tekanan darah, dan kontraksi otot.

"Dengan kata lain, pemain catur profesional bisa kehilangan satu kilogram (kg) per hari," kata Robert seperti dikutip dari situs Mens Health pada Senin, 23 September 2019.

Hal itu dibenarkan dan dirasakan oleh juara catur Amerika dan nomor dua dunia, Fabiano Caruana. Kepada ESPN dia pernah mengatakan bahwa berat badannya bisa turun dari 61 kilogram menjadi 54 kilogram saat pertandingan intens.

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Pembakaran Atlet Catur

Tahun lalu, sebuah perusahaan menghitung detak jantung Grandmaster Mikhail Antipov, Polar, menemukan bahwa kliennya yang seorang atlet catur membakar kalori sampai 560 selama dua jam.

Ahli Saraf dari Washington University, Marcus Rachel dan Ahli Metabolisme Philip Cryer asal Amerika Serikat menjelaskan bahwa fenomena ini merupakan hasil dari stres berlebihan. Sehingga detak jantung meningkat dan tubuh semakin banyak memproduksi oksigen. 

Stres ini juga yang kemungkinan menyebabkan para pemain untuk kehilangan nafsu makan dan tidur, dua faktor yang berpotensi menurunkan berat badan.

Observasi ini juga menyebabkan semakin banyaknya kejuaraan catur untuk berfokus pada kesehatan fisik dan mental dalam masa persiapan turnamen. 

Penulis : Selma Vandika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.