Penyanyi Rod Stewart Ungkap Dirinya Menang Lawan Kanker Prostat

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 18 Sep 2019, 21:00 WIB
Rod Stewart (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi asal Inggris Rod Stewart mengungkapkan dirinya telah mengalami remisi dari kanker prostat setelah dirinya divonis tiga tahun yang lalu. Hal tersebut dia ceritakan pada Sabtu malam lalu.

Pria 74 tahun itu mengatakan bahwa dirinya belum pernah mengungkapkan penyakit kanker prostatnya itu ke publik sejak didiagnosis pada 2016. Namun dia berhasil mengetahuinya lebih cepat.

"Saya bersih untuk saat ini, sederhana karena saya mendeteksinya sejak dini. Saya melakukan banyak tes," kata vokalis yang terkenal di tahun 80-an itu seperti dikutip dari MirrorĀ pada Rabu (18/9/2019).

Dalam acara amal di Surrey, Inggris, Rod Stewart juga tidak lupa mengajak para pria untuk melakukan pemeriksaan prostat secara rutin. Hal itu bisa mempercepat deteksi dini serta meningkatkan potensi remisi.

2 of 3

Ajak Pria Lakukan Deteksi Dini

Rod Stewart
Rod Stewart sempat didiagnosis kanker prostat pada 2016 (publicbroadcasting.net)

Stewart mengatakan bahwa tes kanker prostat tidaklah menakutkan dan tidak menyakitkan.

"Anda harus benar-benar pergi ke dokter," ujar pelantun lagu "I Don't Want to Talk About It" itu berpesan.

"Jika Anda positif dan mengatasinya serta tetap tersenyum, saya sudah melakukannya selama dua tahun dan saya baru saja bahagia. Tuhan menjaga saya," kata Stewart seperti dikutip dariĀ Ultimate Classic Rock.

Badan Kesehatan Dunia/WHO menyebut bahwa kanker prostat merupakan jenis kanker keempat yang paling banyak dialami orang di dunia. Setidaknya, dilaporkan 1,3 juta kasus di tahun 2018.

Kanker tersebut kebanyakan diderita pada orang berusia di atas 50 tahun. Namun, kondisi itu bisa didiagnosis di usia yang lebih muda.

3 of 3

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓