Sukses

Saran Hasto Wardoyo untuk Pria: Minum Asam Folat Sebelum Menghamili Istri

Hasto Wardoyo, Kepala BKKBN, menyarankan kepada pasangan yang sedang menginginkan anak untuk mengonsumsi asam folat. Tak hanya wanita juga pria.

Liputan6.com, Pangkalpinang - Stunting masih menjadi masalah kesehatan yang menghantui masyarakat Indonesia.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengatakan bahwa permasalahan anak dengan tubuh kerdil akibat kekurangan gizi kronis ini sebenarnya bisa diatasi jika calon orangtua baru memerhatikan kesehatan reproduksinya sebelum merencanakan untuk menikah, hamil, lalu melahirkan.

"Sebelum hamil, yang perempuan sudah rajin minum asam folat. Suami juga. Kalau mau menghamili, harus sudah mengonsumsi asam folat. Itu baik untuk sperma, dan kelak anaknya jadi baik," kata Hasto saat di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum lama ini.

 

Simak Video Menarik Terkait Hasto Wardoyo

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Cuma Memikirkan Prewedding

Saat berbincang dengan Liputan6.com di Gedung BKKBN, kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, di bulan Agustus 2019, Hasto yang mantan Bupati Kulonprogo DIY dan dokter kebidanan dan kandungan konsultan ini mengingatkan agar pasangan yang hendak menikah jangan cuma memikirkan pesta dan prewedding saja, tapi harus mulai memeriksa kesehatan keduanya.

"Pernikahan itu juga butuh dipersiapkan agar saat hamil nanti tidak mengalami gangguan kehamilan," kata Hasto Wardoyo.

Oleh sebab itu, skrining kesehatan sebelum merencanakan kehamilan adalah hal yang penting.

"Lebih baik di-cek, skrining untuk menyiapkan kehamilan yang sehat dan terencana dengan baik," katanya.

"Kadang-kadang pesta pernikahan habis ratusan juta tapi periksa lab yang beberapa juta tidak dikerjakan," Hasto mengingatkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.