Sukses

Terungkap, Ternyata Tikus Senang Main Petak Umpet

Tahukah Anda bila ternyata tikus senang bermain petak umpet?

Liputan6.com, Jakarta - Pernah dibuat kesal karena kemunculan tikus di rumah Anda? Tentunya tak satupun rumah yang mengharapkan kehadiran tikus. Namun terkadang dia bisa muncul tiba-tiba karena atap yang bolong atau akses dari selokan.

Tapi tahukah Anda bila ternyata hewan pengerat ini senang bermain petak umpet? Temuan ini didapat dari penelitian para ahli saraf di Jerman.

Guna mendapatkan kesimpulan mengenai kebiasaan tikus itu, sekelompok peneliti menghabiskan beberapa minggu di sebuah ruangan kecil yang dipenuhi boks serta tikus. Diketahui kemudian tikus-tikus remaja "bermain" petak umpet dengan para peneliti. Mereka bahkan tak perlu diberi umpan makanan untuk muncul lalu pergi lagi.

"Ketika Anda sering bekerja dengan tikus selama bertahun-tahun, Anda akan melihat betapa cerdas dan sosialnya hewan itu," ujar rekan penulis penelitian Konstantin Hartmann dari Humboldt University of Berlin, Jerman melansir laman New York Post.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cepat belajar

Penelitian membuktikan, tikus-tikus tersebut sangat menyukai permainan petak umpet hingga kerap kali mengeluarkan suara decitan ultasonik yang seperti tertawa dan lompatan gembira. Suara tawa ultrasonik mereka tiga kali di atas jangkauan audibel manusia. dan tingkah seperti itu kerap terjadi saat tikus-tikus bertemu para peneliti atau sebaliknya.

Bahkan, menurut para peneliti, tikus adalah pembelajar yang cepat. Mereka bisa memahami situasi dengan segera. Mereka juga semakin pintar seiring waktu, seperti belajar mengunjungi titik di mana manusia pernah bersembunyi, atau mencoba bersembunyi di boks yang lebih tertutup ketimbang yang berbahan transparan. Bahkan mereka senang bersembunyi di lokasi baru setelah ketahuan.

Studi juga mengungkap bahwa manusia dan tikus bisa berinteraksi secara fisik layaknya dengan hewan peliharaan. Temuan ini dimuat dalam jurnal Science.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.