Sukses

Dirut BPJS Kesehatan: Iuran Peserta Mandiri Kelas 1 yang Baru Cuma 5 Ribu per Hari

Biaya iuran BPJS Kesehatan yang akan diberlakukan diklaim tetap terjangkau oleh masyarakat

Liputan6.com, Jakarta Kenaikan iuran Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dinilai memberatkan banyak pihak. Namun. Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan bahwa angka yang akan diberlakukan masih terjangkau.

Dalam konferensi persnya di kantor BPJS Kesehatan, Jakarta beberapa waktu lalu, Fachmi mengatakan bahwa untuk peserta mandiri kelas 3 saja, iuran per hari tidak sampai Rp2.000. Tak jauh beda dengan parkir motor per jam di mal atau ke kamar kecil di tempat umum.

"Bahkan untuk peserta mandiri kelas 1, iurannya kurang lebih Rp5.000 per hari," kata Fachmi, ditulis Jumat (13/9/2019).

"Beli kopi di kafe pasti sudah lebih dari Rp5.000," tambahnya. Dia juga membandingkan, untuk membeli rokok dalam sehari saja bisa menghabiskan lebih banyak dari itu.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Sesuai Penghitungan Aktuaria

Fachmi menjelaskan bahwa saat ini, besaran iuran belum sesuai dengan penghitungan aktuaria. Karena itu, harus dilakukan penyesuaian.

"Jika iuran peserta masih di bawah perhitungan aktuaria, defisit akan tetap terjadi," ujarnya.

Selain itu, langkah tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 yang menyatakan bahwa iuran program jaminan kesehatan sosial harus disesuaikan paling lama dua tahun sekali.

Data BPJS Kesehatan menyebutkan bahwa dari 223 juta peserta JKN-KIS, hampir separuhnya dibiayai pemerintah. Ada 98,6 juta penduduk miskin dan tidak mampu yang iurannya ditanggung oleh negara lewat APBN dan 37,3 juta penduduk yang ditanggung APBD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.