Sukses

Mengenang BJ Habibie: Saya Tidak Merasa Lebih Pintar

Semasa kecil BJ Habibie merasa dirinya tidak lebih pintar dari anak-anak lain tapi juga tidak bodoh.

Liputan6.com, Jakarta Semasa hidup, BJ Habibie dikenal sebagai salah satu orang cerdas dan pintar di Indonesia. Sejak kecil, rupanya dia memang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Ditambah lagi ia gemar membaca buku yang membuat pengetahuannya luas.

BJ Habibie kecil tidak merasa sebagai sosok yang sepintar itu. Meski begitu dia juga tidak merasa bodoh.

"Saya tidak merasa lebih pintar, tapi juga tidak merasa lebih bodoh, tidak pernah merasa iri dan juga tidak pernah mengganggu," kata Habibie saat ditanya tentang dirinya di masa kecil.

Pria kelahiran Parepare 25 Juni 1936 ini sejak kecil juga dikenal sebagai sosok yang optimistis. Dia tidak ambil pusing akan hal-hal yang terjadi di luarnya. Dirinya juga tidak pernah merasa iri dan mengganggu orang lain semasa kecil.

"I'm sweet boy, not a problem maker child," tutur Habibie dikutip dari buku Biografri Bacharuddin Jusuf Habibie ditulis A Makmur Makka.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Rumahan

Anak keempat dari delapan bersaudara ini sejak kecil memang sudah terlihat berbeda dari saudara-saudaranya. Habibie kecil lebih suka berada di rumah sampai-sampai kakak tertua, Titi Sri Sulaksmi (dikenal dengan Ny Subono Mantofani), membujuk adiknya pergi keluar rumah.

Habibie kecil baru bermain ketika sudah menyelesaikan pekerjaan rumah. Pilihan mainannya adalah Blokken, ia akan memuat kapal terbang. Sejak kecil memang itulah kesukaannya seperti disampaikan Titi.

Meski begitu, dia juga bermain di luar rumah. Semasa kecil dia juga suka main layang-layang, gundu, dan logo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.