Sukses

Tak Cuma Belajar, Biarkan Anak Aktif Bergerak Demi Tumbuh Kembang Optimal

Selagi masa tumbuh dan berkembang, dukung dan dorong anak untuk melakukan aktivitas fisik minimal 60 menit setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua sebaiknya tidak hanya menuntut anak belajar agar nilai akademik baik. Dorong dan dukung anak bergerak,  serta melakukan aktivitas fisik lain agar tumbuh kembangnya optimal.

"Anak jangan dituntut belajar dan belajar. Biarkan mereka bermain, engga usah olahraga, biarkan bermain, lari, lompat, panjat biarkan. Jangan dimarahi kalau lari sana sini," kata dokter spesialis kedokteran olahraga Zaini K Saragih di Jakarta seperti dikutip Antara, Minggu (8/9/2019).

Paling tidak dalam sehari anak beraktivitas fisik sekitar 60 menit. Hal ini membantu perkembangan otot serta tumbuh kembang yang optimal.

"Kalau tidak ada olahraga maka ototnya akan lembek, ototnya tidak akan berkembang," tutur Zaini lagi.

Zaini juga menyarankan agar orangtua tidak memberikan gawai kepada anak sebagai sarana bermain. Pemberian gawai akan membuat anak kurang beraktivitas fisik, akibatnya ototk tidak pernah dipakai. Lama-lama akan lemah dan mengecil.

 

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eksplorasi Aneka Olahraga

Jika anak sudah mulai menyukai olahraga tertentu, Zaini menyarankan agar anak tetap melakukan berbagai macam jenis olahraga hingga usianya mencapai 12 tahun. Tujuannya agar seluruh perkembangan tubuh anak tumbuh dengan sempurna secara menyeluruh.

"Anak-anak enggak boleh satu jenis olahraga, harus macam-macam, kalau satu jenis otot yang dipakai itu-itu saja," kata Zaini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.