Pin Khusus Ibu Hamil, Bantu Bumil Dapat Kursi di KRL

Oleh Benedikta Desideria pada 06 Sep 2019, 12:00 WIB
Tempat pendaftaran untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil di Stasiun Sudriman Jakarta. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Drama ibu hamil (bumil) mendapatkan kursi di Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line bakal berkurang sebab PT KCI meluncurkan pin khusus ibu hamil. Bila bumil menggunakan pin ini maka bisa mempermudah pelanggan KRL lain mengetahui bahwa wanita tersebut sedang hamil lalu bisa mendapatkan tempat duduk.

"Tidak hanya kursi prioritas, namun juga kursi umum. Petugas juga akan sigap ketika ibu hamil membutuhkan kursi di dalam KRL," kata VP Corporate Communication PT KCI Anne Purba dalam pesan teks kepada Liputan6.com pada Rabu (5/9/2019).

Untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil, pengguna jasa KRL terlebih dahulu mendaftar secara daring. Selain itu bisa juga mendaftar ke petugas passanger service di Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor, Stasiun Juanda, Stasiun Duri, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Tanah Abang.

Saat Liputan6.com mendatangi Stasiun Sudirman, terlihat ada booth pendaftaran untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil. Ada juga form yang harus diisi mulai dari no KTP hingga keterangand dokter atau bidan mengenai usia kehamilan dan tanggal prediksi kelahiran. 

Tempat pendaftaran untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil di Stasiun Sudriman Jakarta. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)
Tempat pendaftaran untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil di Stasiun Sudriman Jakarta. (Foto: Benedikta Desideria/Liputan6.com)
2 of 2

Awal Mula Kehadiran Pin Khusus Ibu Hamil

Penumpang KRL Telantar Akibat Listrik Padam
Penumpang KRL Commuter Line menunggu waktu pemberangkatan di Stasiun Jatinegara Jakarta, Minggu (4/8/2019). Listrik padam yang melanda Jakarta dan sekitarnya mengakibatkan penumpang KRL Commuter Line telantar lantaran kereta berhenti beroperasi. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pin khusus ibu hamil diluncurkan tepat di Hari Pelanggan Nasional pada Rabu, 4 September 2019. Kehadiran pin khusus ibu hamil ini berawal dari diskusi antara PT KCI dengan komunitas kereta. Banyak ibu hamil muda yang secara fisik tidak terlihat hamil kesulitan mendapatkan kursi, bahkan kursi prioritas sekalipun.

"Pin khusus ibu hamil ini bermula dari diskusi yang dilakukan PT KCI dengan komunitas KRL karena banyaknya keluhan ibu hamil yang tidak mendapatkan kursi, terutama untuk ibu hamil pada trimester pertama," tutur Anne.

Antusias pengguna KRL pun cukup tinggi untuk mendapatkan pin khusus ibu hamil. Sampai saat ini, kata Anne, pendaftaran melalui daring sudah mencapai 283 orang per Kamis, 5 September 2019.

 

Lanjutkan Membaca ↓