Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Berbagai Penyebab Gairah Seks Pasutri Terus Mengendur

Awal menikah gairah seks begitu menggebu-gebu tapi seiring bertambahnya usia pernikahan kok jadi mengendur ya?

Liputan6.com, Jakarta Rasa malas berhubungan seks mungkin pernah sesekali muncul di antara pasangan suami istri (pasutri). Misalnya Anda sedang begitu bergairah tetapi dirinya sama sekali tidak tertarik atau pun sebaliknya. Kondisi ini begitu nyata dan sangat mungkin terjadi.

"Hal ini disebut dengan dead bedroom relationship, yakni pasangan berhubungan seks kurang dari enam kali setahun. Namun, definisi ini bersifat subjektif yang artinya bisa berubah tergantung pada apa yang dimaknai oleh masing-masing pasangan," ucap Holly Richmond, terapis seks asal New York, Amerika Serikat.

Richmond menambahkan, kondisi tersebut berbeda untuk tiap orang. Tetapi jika merujuk secara medis, istilah 'dead bedroom' diberikan untuk hubungan seks yang kurang dari enam kali dalam setahun.

Para pasangan mengaku, mereka melakukan hubungan seks yang luar biasa dan begitu banyak di awal pernikahan. Namun, semakin berkurang beberapa tahun setelahnya. Kondisi ini normal terjadi karena memang hubungan mengalami perubahan dari waktu ke waktu dan seks menjadi lebih jarang dilakukan.

Tak hanya itu, stres bekerja, obat penurun libido, penyakit kronis, dan cedera adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keintiman dalam hubungan. Menjadi orangtua juga adalah alasan utama pasangan kehilangan hasrat seksualnya.

"Memiliki bayi yang baru lahir dapat begitu melelahkan bag orangtua, terutama bagi wanita. Karena menyusui secara konstan dan mengerjakan yang lainnya. Jadi, mungkin sulit untuk menyeimbangkan semuanya," ucap Richmond.

Terkadang pasangan juga membawa bayi atau anak tidur bersama, sehingga mereka harus mencari ruang atau membuat ruang baru untuk berhubungan seks.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Memperbaiki

Perlu usaha bila ingin mengubah sesuatu termasuk kehidupan seks Anda. "Bila pasangan tidak berusaha cukup keras untuk menjaga hasrat agar tetap hidup, maka akan rugi," ucap Richmond.

Richmond menyarankan untuk menumbuhkan gairah bercinta dan itu bukan melulu soal seks. Cara ini dapat dilakukan dengan mematikan ponsel selama 15 menit dan duduk bersama, menghabiskan waktu untuk berbicara sesuatu yang bermakna dan menghargai satu sama lain.

"Tidak perlu untuk segera mencoba berhubungan seks, tetapi ciptakan kembali koneksi dan chemistry terlebih dahulu pada hubungan Anda," ucap Richmond.

 

 

Penulis: Diviya Agatha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.