Tidak Perlu Marah, Cukup Lakukan Ini Bila Anak Berbohong

Oleh Liputan6.com pada 31 Agu 2019, 09:00 WIB
Ilustrasi remaja muda malu (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta - Berbohong sering anak lakukan untuk menutupi sesuatu agar tak dimarahi. Bisa juga karena si Kecil belum bisa membedakan kebohongan dan kejujuran. 

Dalam beberapa kondisi, kita sebagai orangtua pastinya akan sangat kesal mendapati anak yang berbohong.

Emosi memuncak, akhirnya yang keluar dari mulut adalah omelan yang justru membuat keadaan jadi penuh dengan emosi.

Menghadapi anak yang berbohong memang dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi. Untuk mempermudah berhadapan dengan situasi tersebut, trik ini bisa dilakukan saat mendapat buah hati sedang berbohong.

 

2 of 3

Menjadi Contoh yang Baik

Orangtua menemani remaja belajar (iStockphoto)
Orangtua menemani remaja belajar (iStockphoto)

Cara menghadapi anak berbohong yang pertama adalah menjadi ‘role model’ atau panutan yang baik bagi anak. Terapkan kejujuran dalam kehidupan sehari-hari.

Anak tentu akan mencontoh orangtuanya. Mulailah untuk menunjukan sikap kejujuran dari hal terkecil misalnya seperti menjawab pertanyaan-pertanyaan si kecil dengan kejujuran bukan suatu kebohongan.

Menjelaskan Mengenai Kebohongan dan KejujuranCara menghadapi anak berbohong yang selanjutnya adalah dengan memberikan penjelasan mengenai kebohongan dan kejujuran. Berilah mereka penjelasan perbedaan yang mendasar mengenai kebohongan dan kejujuran.

Orangtua bisa sekaligus memberikan contoh dan konsekuensi yang akan diterima anak jika melakukan suatu kebohongan. Hal ini nantinya bisa mendorong si kecil untuk selalu jujur.

 

3 of 3

Memberikan Peringatan

Kelompok remaja (iStockphoto)
Ilustrasi kelompok remaja (iStockphoto)

Cara menghadapi anak berbohong lainnya adalah dengan memberikannya peringatan. Jika mendapati anak sedang berbohong, janganlah untuk langsung memarahinya apalagi sampai melakukan kekerasan.

Berilah mereka satu kali peringatan atau kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya. Orangtua juga harus menanyakan alasan penyebab si anak berbohong.

Setelah mengetahui alasannya, lalu jelaskan tindakan yang dilakukannya tersebut merupakan suatu hal yang salah.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait