Sukses

Hanya dalam Semalam, Ini yang Dilakukan Bakteri saat Kamu Tidur

Tahukah kamu hanya dalam semalam bakteri bisa merusak gigi? Yap, hal itu bisa terjadi jika kamu lupa atau malas sikat gigi pada malam hari.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu hanya dalam semalam bakteri bisa merusak gigi? Yap, hal itu bisa terjadi jika kamu lupa atau malas sikat gigi pada malam hari. Terlebih lagi, banyak orang tak menyadari hal tersebut.

Maka dari itu, merawat gigi menjadi solusi agar gigi sehat dan bebas dari kuman dan bakteri. Dikutip Liputan6.com, Berikut dampak buruk jika kamu tidak merawat gigi dengan baik.

Gigi berlubang

Dampak buruk jika kamu tidak merawat gigi ialah gigi bisa berlubang. Jangan anggap hal ini sepele. Pasalnya jika dibiarkan gigi akan rusak dan harus dicabut.

Proses gigi berlubang karena sisa makanan dan bakteri membentuk lapisan tipis yang biasa  disebut dengan plak. Lalu, bakteri itu akan merusak gigi pada bagian lapisan luar. Jika dibiarkan, bakteri itu menjadi busuk dan akan menyerang lapisan tengah gigi.

Saat pembusukan itu salah satu solusi terbaik ialah ditambal oleh dokter gigi. Namun, terkadang beberapa orang membiarkan gigi tersebut. Alhasil, gigi akan infeksi dan menimbulkan nyeri pada gigi tersebut.

Bau mulut

Kesehatan gigi bisa menjadi modal percaya diri dalam sehari-hari. Sebaliknya, jika mulut kamu bau tak syedap bisa mempengaruhi kamu dalam bersosialisasi. Amit-amit, karena bau mulut itu, kerabat dan teman kamu menjauh.

Yap, bau mulut adalah dampak buruk jika kamu tidak menyikat gigi pada malam hari. Pasalnya, rongga mulut akan lebih asam pada malam hari dari biasanya sehingga bisa membentuk plak.

Kondisi asam ini juga dimanfaatkan bakteri untuk berkembang biak dan merusak gigi. Bukan hanya itu, bakteri-bakteri ini akan menimbulkan bau mulut.

Gigi kuning dan kusam

Jika gigi tidak dirawat dan kamu lupa mengosoknya pada malam hari, gigi akan terlihat kuning dan kusam. Alhasil, tentu hal itu akan menganggu penampilan kamu bukan?

Solusi

Banyak orang tak menyadari betapa pentingnya kesehatan gigi apalagi gigi berlubang. Hal sederhana untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan sikat gigi 2 kali sehari.

Akan lebih baik lagi jika sebelum tidur, Anda selalu menggosok gigi. Pemeriksaan mandiri kepada dokter gigi merupakan salah satu hal yang penting sehingga dapat membuat seseorang dapat terhindar dari gigi berlubang.

Nah, kalau sudah begitu, gigi kamu bakal sehat walau sedang tidur terlelap. Yuk, jangan lupa sikat gigi malam hari.

Ayo, jangan lupa sikat gigi pada malam hari biar gigi kamu sehat dan bersih.

 

(Adv)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini