Sukses

Sering Kejang Selama 30 Tahun, Ada Cacing Parasit dalam Otak Pria Ini

Pria di Tiongkok itu sudah mengalami sakit kepala dan kejang selama 30 tahun

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria di Tiongkok tidak menyadari bahwa ada cacing parasit di dalam otaknya. Padahal, dia sering mengalami sakit kepala dan kejang selama 30 tahun.

Melansir AsiaOne pada Jumat (30/8/2019), pria asal Jiangxi yang disebut Zhang itu pertama kali mengalami kejang di tahun 1989. Awalnya, lengan dan kakinya tiba-tiba tidak terkendali dan mulutnya berbusa hingga akhirnya pingsan.

Saat itu, keluarga membawa Zhang ke rumah sakit. Dia didiagnosis epilepsi kemudian diberikan obat untuk masalah tersebut.

Namun, masalah itu belum selesai. Pear Video melaporkan bahwa dia masih sering mengalami sakit kepala dan pingsan meski sudah meminum obatnya secara teratur.

Masalah yang lebih parah mulai terjadi ketika desanya mengalami kebakaran di 2015. Pasca kejadian itu, dia mengalami kejang setiap bulannya.

"Setiap bulan atau bahkan 20 hari, akan ada peristiwa itu," kata Zhang seperti dilaporkan Southern Metropolis Daily.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temukan Cacing 10 cm

Baru pada Juli 2019, pria 59 tahun itu mengunjungi rumah sakit untuk memeriksa kondisi yang telah dialaminya selama 30 tahun itu. Dokter menemukan bahwa dalam kepala Zhang terdapat sebuah cacing parasit yang terlihat lewat pemeriksaan MRI.

Para dokter segera melakukan pengangkatan cacing sepanjang 10 sentimeter dari otak pria tersebut.

Wu Jie, Direktur Departemen Neurologi Guangdong 999 Brain Hospital yang melakukan operasi itu mengatakan, lesi yang ditimbulkan karena parasit itu menyebabkan otak pria itu bekerja dengan tidak normal. "Ini menyebabkan kejang epilepsi."

Dia menambahkan, kemungkinan cacing itu masuk ketika Zhang mengonsumsi air sungai yang tidak higienis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.