Sukses

Cara Tingkatkan Nafsu Makan dan Bikin si Kecil Suka Sayur

Orangtua seringkali pusing ketika nafsu makan si Kecil menurun

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kekuatan yang sebaiknya orangtua miliki adalah membuat anak mau makan sayur. Juga membuat anak selalu nafsu untuk makan.

Satu hal yang kerap membuat orangtua kewalahan adalah membujuk anak supaya doyan makan sayur. Terkadang para orang tua sudah merasa lelah membujuk, dan membiarkan anak makan apapun yang mereka suka dan cenderung itu-itu saja.

Seperti nugget, sosis, macaroni, dan makanan cepat saji lainnya tanpa sayur. Sebagai orangtua, ketika menyiapkan makanan sehat bagi anak memang susah, namun jangan sampai membuat stres.

Berikut tips dan cara menambah nafsu makan anak dan juga supaya mereka doyan makan sayur, seperti dikutip dari CNN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perhatikan Makanan Anak di Rumah

Memperhatikan apa saja yang dimakan oleh anak memang sulit, terlebih apabila anak sedang tidak berada di rumah. Namun, ada satu hal yang harus kita perhatikan terlebih dahulu, yaitu jangan biarkan anak terlalu banyak mengonsumsi gula.

Jangan menaruh dan menyimpan makanan yang mengandung gula terlalu banyak di rumah, bahkan jika itu adalah makanan kesukaan orang tua. Selain itu, jangan membeli makanan cepat saji ketika berada di rumah.

Sulit memang, terlebih orang tua juga harus mengontrol konsumsi makanan yang mengandung gula supaya tidak ditiru oleh anak.

Misalkan, sebagai orang tua, tidak menyukai tomat, maka jangan pernah menghindari tomat. Karena apa yang tidak disukai orang tua belum tentu anak juga tidak menyukainya, padahal tomat sangat baik untuk perkembangan anak.

 

3 dari 3 halaman

Buat Makanan jadi Menarik dan Libatkan Anak ketika Memasak

Kalau untuk cara yang satu ini mungkin sudah bukan rahasia lagi, dan pasti sudah banyak dilakukan oleh para orang tua. Buat sayuran ke dalam menu makanan yang menarik seperti mencampur bayam dalam mie, menambahkan potongan wortel dalam sup sosis kesukaan anak dan lain sebagainya.

Lori Day, seorang konsultan psikologi pendidikan, mengatakan bahwa ketika orang tua mengatakan sang anak memiliki masalah makan, maka hal tersebut akan menjadi karma dan sang anak mengalami susah makan. Oleh sebab itu, jangan suka mengeluhkan anak yang susah makan ya, Sahabat Dream.

Daripada kita mengeluh anak susah makan, akan lebih baik apabila kita mengajak anak memasak makanannya sendiri.

Melibatkan anak ketika kita berbelanja dan memasak, akan membuat anak merasa senang dan bisa jadi inspirasi bagi mereka.

Daripada menggerutul, lebih baik ajak anak belanja, memasak dan membuat makanannya sendiri.

Penulis : Muthia Nugraheni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.