Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Trik Singkirkan Rambut yang Tumbuh ke Dalam pada Batang Penis

Cara singkirkan rambut yang tumbuh ke dalam pada batang penis.

Liputan6.com, Jakarta Rambut yang tumbuh ke dalam (ingrown hair) bisa muncul pada batang penis. Rambut yang tumbuh ke dalam terjadi ketika rambut tumbuh di bawah kulit dan langsung ke folikel rambut.

Area tumbuh rambut ke dalam bisa dicukur atau ditambal, seperti wajah, kaki, dan daerah kemaluan, bahkan batang penis. Rambut yang tumbuh ke dalam sering sembuh tanpa perawatan apa pun.

Namun, mencukur terlalu dekat dengan folikel dapat menyebabkan rambut melengkung kembali ke kulit dan menjadi rambut yang tumbuh ke dalam.

"Pada umumnya, rambut yang tumbuh ke dalam terlihat seperti benjolan merah kecil pada kulit yang berpusat pada folikel rambut. Benjolan ini dapat berisi nanah, yang terkadang menandakan infeksi, yang disebut folikulitis. Ketika rambut tumbuh ke dalam kulit dapat menyebabkan peradangan, yang ditandai kemerahan disertai pembengkakan, gatal, dan nyeri," jelas ahli bedah umum Owen Kramer, dilansir dari Medical News Today, Selasa (27/8/2019).

Kondisi ini bisa sangat tidak nyaman, terutama rambut yang tumbuh ke dalam pada batang penis. Rasa gatal pada penis dapat dialami pria, yang mana ada keinginan untuk menggaruk.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Oleskan Krim

Owen menambahkan, sebaiknya menahan untuk menggaruk bila rambut yang tumbuh ke dalam pada batang penis terasa gatal. Tindakan menggaruk dapat memasukkan bakteri ke dalam folikel rambut, yang dapat menyebabkan infeksi.

Orang-orang yang ingin mempercepat proses penyembuhan atau mencegah rambut yang tumbuh lebih dalam dapat mencoba menggunakan produk bebas resep, Over The Counter (OTC) atau obat bebas resep. Beberapa obat OTC yang direkomendasikan Owen, sebagai berikut:

1. Krim hidrokortison untuk membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala gatal.

2. Losion asam glikolat, yang dapat membantu pengelupasan kulit dan mencegah terbentuknya rambut yang tumbuh ke dalam. Losion ini tidak efektif ketika rambut yang tumbuh ke dalam sudah muncul.

3. Bersihkan penis dengan Benzoil peroksida saat mandi. Diamkan selama 20 detik setelah mengoleskan Benzoil peroksida, kemudian bilas.

Mendiamkan terlalu lama di area selangkangan dapat menyebabkan iritasi berlebihan.

Produk peroksida Benzoil juga dapat memutihkan rambut dan kain sehingga pria harus berhati-hati. Bilas dengan bersih sebelum mengeringkan diri.

Jika merasa tidak yakin menyingkirkan rambut yang tumbuh ke dalam dengan aman, maka Anda harus mengunjungi dokter.

3 dari 3 halaman

Cara Mencukur dengan Benar

Untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam pada batang penis, perawatan rambut kemaluan harus dilakukan dengan tepat. Perawatan area penis ini demi terjaga kebersihan.

Owen memberikan tips, yakni:

  • Cukur dan waxing lebih jarang.
  • Mencukur dengan pisau cukur yang bersih dan tajam.
  • Mencukur ke arah yang sama dengan arah rambut tumbuh.
  • Hindari mencukur terlalu dekat dengan kulit. Gunakan produk OTC, seperti benzoil peroksida atau lotion asam glikolat untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam.
  • Oleskan krim atau gel sebelum bercukur untuk menjaga kulit tetap lembab.
  • Hindari mengenakan pakaian dalam dan celana ketat.
  • Anda bisa memotong rambut alih-alih mencukur.

Jika menemukan rambut yang tumbuh ke dalam sangat mengganggu, pertimbangan laser hair removal bisa dilakukan. Prosedur ini menghancurkan folikel rambut. Cara ini paling efektif untuk mencegah rambut tumbuh ke dalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.