Sukses

Tidak Semua Penelitian Tanaman Menghasilkan Produk Obat

Balitbang Kemenkes mengatakan tidak semua penelitian pada tanaman dengan senyawa bermanfaat, bisa menjadi obat

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan bahwa tidak semua penelitian pada senyawa tanaman bisa sukses untuk menjadi sebuah obat. Hal ini mereka sampaikan dalam konferensi pers terkait bajakah.

"Dari sekian kandidat (penelitian), misalnya seratus, nanti yang berujung menjadi obat paling tidak lebih dari lima persen," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes, Siswanto di Gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta pada Senin (28/8/2019).

Untuk bisa menjadi obat, tahap penelitian yang panjang haruslah dilewati dengan kokoh. Sehingga, tidak semua penemuan awal benar-benar bisa menjadi sebuah obat nantinya.

"Karena begitu kokohnya metode penelitian itu, sehingga banyak yang berguguran. Jadi menurut saya tidak mudah untuk menghasilkan suatu produk yang benar-benar bisa diterima dalam ilmu kedokteran," tambahnya.

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menkes Apresiasi Penelitian Bajakah

Terkait penemuan potensi bajakah sebagai obat kanker, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengapresiasi studi yang dilakukan para siswa dari Kalimantan Tengah itu meski membutuhkan penelitian lanjutan.

"Yang kami lihat, ini anak-anak. Saya menghargai anak muda yang mau memikirkan suatu penelitian," kata Nila usai menemui pelajar yang meneliti bajakah pagi tadi. 

Kemenkes mengatakan mereka siap untuk mendukung dan mengawal, bahkan membantu penelitian lanjutan, khususnya terkait dengan pendanaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.