Aktivitas Fisik Seperti Mengepel Rumah Ampuh Hindarkan Kematian Dini

Oleh Dyah Puspita Wisnuwardani pada 26 Agu 2019, 10:00 WIB
Ilustrasi

Liputan6.com, Jakarta Melakukan kegiatan rumah atau aktivitas fisik seperti menyapu, mengepel, dan memasak ternyata bisa menurunkan risiko kematian dini. Hal itu dibuktikan melalui sebuah studi.

Para peneliti di Norwegian School of Sport Sciences menemukan, aktivitas sederhana seperti menyapu dan mengepel dapat secara signifikan menghindarkan seseorang dari kematian dini.

Melansir laman New York Post, ketika intensitas aktivitas fisik seseorang meningkat hingga tahap moderat maka pada saat yang sama risiko kematian akan menurun. Ini karena individu tersebut terhindar dari gaya hidup sedentary. Aktivitas dengan intensitas sedang itu termasuk diantaranya jalan cepat, memotong rumput, serta menyapu halaman.

Sebaliknya, studi tersebut menemukan individu yang duduk selama 9,5 jam atau lebih setiap hari dikaitkan dengan risiko tinggi meninggal dini.

 

 

2 of 2

Anjuran bergerak

Para peneliti dari Unversity of Leicester mereview kembali delapan studi terdahulu yang melibatkan 36.383 orang dewasa usia 40 atau lebih. Kesehatan para partisipan itu dipantau dengan alat pelacak selama rata-rata 5,8 tahun. Diketahui 2.149 orang diantaranya meninggal dunia.

"Temuan ini benar-benar menguatkan ungkapan, 'Lebih baik melakukan sesuatu daripada hanya berpangku tangan,'" ujar Dr Charlotte edwardson, asosiat profesor di universitas tersebut.

Bila kondisi Anda tak disarankan melakukan aktivitas fisik dengan tingkat sedang, Edwardson mengatakan memperbanyak berjalan kaki di sekitar kantor atau di rumah pun cukup bermanfaat bagi kesehatan.

Profesor Thomas Yates dari Universty of Leicester juga mengatakan, "Kesehatan bisa dioptimalkan dengan hanya bergerak selama 24 menit sehari seperti berjalan kaki atau bentuk aktivitas fisik sedang lainnya."

 

Lanjutkan Membaca ↓