3 Tips Memilih Rumah Sakit untuk Melahirkan

Oleh Babyologist pada 26 Agu 2019, 08:01 WIB
Kontraksi Mengandung dan Melahirkan

Liputan6.com, Jakarta Salah satu yang menjadi perhatian para ibu hamil yaitu memilih rumah sakit untuk bersalin atau melahirkan. Beberapa hal menjadi pertimbangan, seperti lokasi, biaya, serta kualitas rumah akit tersebut. Berikut tips memilih rumah bersalin dari Mommy Dian Oey yang dibagikan melalui Babyologist.

Bagi Moms sekalian atau para calon ibu yang sedang menunggu baby lahir dan bingung mau pilih rumah sakit yang mana. Saya punya sedikit tips yang bisa jadi bahan pertimbangan buat Moms sekalian.

Tips Memilih Rumah Sakit untuk Persalinan

1. Tentukan Terlebih Dahulu Mau Bersalin Secara Normal Atau Secara Caesar

Mengapa harus ditentukan dahulu? Karena persalinan secara normal membutuhkan rumah sakit terdekat agar bisa secepatnya dilakukan tindakan apabila sudah terjadi pecah ketuban atau pembukaan. Apabila menginginkan secara Caesar, bisa ditentukan terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

2. Tentukan Wilayah Kelahiran

Misalnya Moms tinggal di Jakarta namun memilih persalinannya di luar kota Jakarta, tentu akan memakan banyak waktu untuk mengurus segala kelengkapan surat-surat si Kecil seperti mengurus akte lahir, dan kartu keluarga.

3. Survei ke Beberapa Rumah Sakit Wilayah yang Dituju

Gunanya untuk memberikan berbagai informasi yang Moms perlukan, misalnya informasi budget untuk kelahiran si Kecil. Contohnya apabila ingin melahirkan secara normal namun terjadi kendala harus melahirkan secara caesar apakah budgetnya cukup di rumah sakit tersebut. Karena masing-masing rumah sakit memasang tarif yang berbeda untuk persalinan. Dan guna survei rumah sakit untuk mengetahui fasilitas apa saja yang akan menunjang Moms dan baby setelah melahirkan. Ada beberapa rumah sakit yang bisa kita lihat sampai ke setiap ruang kelasnya dari kelas VIP, kelas 1 sampai 3. Baiknya Moms bisa memanfaatkannya untuk menentukannya.