Agar Anak Autis Tenang, Hindari Warna Cat Dinding Rumah yang Terang

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 26 Agu 2019, 07:00 WIB
Diperbarui 02 Sep 2019, 14:39 WIB
Ilustrasi Anak Autisme (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Warna cat dinding rumah rupanya bisa memengaruhi perilaku anak autis. Pilihan warna cat yang tepat dapat merangsang anak autis untuk tenang.

Roslinda Ghazali dari Centre for Environment-Behavior Studies (CEBS) Malaysia menerangkan, jika punya anak berkebutuhan khusus, seperti autis, pilihlah warna cat dinding yang soft (lembut).

"Jangan warna cat yang kuning, hijau, dan merah terang. Pilihlah warna yang soft. Misalnya, kuning yang soft atau warna pastel," terang Roslinda dalam acara SPEKIX 2019 di Jakarta Convention Center, Minggu (25/8/2019).

Selain itu, bukan hanya cat dinding rumah saja yang perlu diperhatikan. Pemilihan warna perabot, dari lemari sampai meja makan juga harus alami.

"Contohnya kayu perabotnya dipilih warna-warna yang natural (alami). Ini bisa membuat anak autis tenang dan fokus," lanjut Roslinda.

 

2 dari 2 halaman

Pasang Gambar dan Walpaper

Roslinda menyarankan, dinding rumah sebaiknya tidak hanya dinding kosong saja. Perlu ada gambar dan frame agar anak autis fokus memerhatikan lingkungan sekitarnya.

"Bisa banyak memasang gambar dan frame di dinding. Jadi, segala macam gangguan yang membuat anak autis biasanya tidak fokus menjadi fokus," sarannya.

Pemasangan wallpaper yang punya beragam gambar bisa menjadi pilihan. Cara ini merangsang anak autis sensitif apa yang ada di hadapannya.

"Wallpaper bergambar superhero dan kartun-kartun lain bisa dipasang. Yang pasti kondisikan ruangan agar anak nyaman dan lebih fokus memerhatikan sekitarnya," tambah Mohamad Ghazali Masuri yang juga fokus meneliti lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak berkebutuhan khusus.

Lanjutkan Membaca ↓