Kakak dan Adik Sering Bertengkar? Ini 2 Manfaatnya

Oleh Liputan6.com pada 23 Agu 2019, 18:00 WIB
kakak adik

Liputan6.com, Jakarta Ketika kakak dan adik sudah bertengkar, rumah langsung ramai diisi oleh perdebatan mereka. Namun, jangan salah, ada manfaat di balik hal tersebut.

Psikolog Karen Young dalam Babyology mengatakan saudara bertengkar di rumah sangat penting dalam perkembangan anak karena hal ini membantu mengajarkan mereka bagaimana mengatasi berbagai situasi sosial yang menimpanya. Berikut manfaat di balik pertengkaran kakak dan adik. 

1. Belajar menyelesaikan masalah

Mereka belajar menghadapi dan menyelesaikan masalah terlebih dahulu dari keluarganya. Termasuk bagaimana menghadapi situasi yang kontradiktif dengannya.

Lama kelamaan mereka mampu menghadapinya dengan lebih baik. Bukan hanya ketika bertemu masalah personal di rumah tapi juga ketika harus dihadapkan pada situasi sosial di luar rumah.

2 of 3

2. Melatih Kecerdasan Sosial

Karen mengungkapkan, inilah hal terbaik yang bisa didapat anak-anak yang memiliki saudara di rumah, bertengkar mampu melatih kecerdasan sosial emosional mereka. Selalu ada hal yang bisa mereka pelajari ketika bertengkar.

Bisa itu menyadari kesalahan, bernegosiasi, meminta maaf, atau mengenali karakter yang berbeda. Jadi, membiarkan anak bertengkar itu tak masalah. Asal kita tahu batasan atau kapan harus melerai dan meluruskan masalah antara keduanya.

 

 

Penulis: Febi Anindya/ Sumber: Fimela

3 of 3

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by