Sukses

Kakak dan Adik Sering Bertengkar? Ini 2 Manfaatnya

Bertengkar dari masalah kecil hingga besar kerap dilakukan kakak dan adik di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Ketika kakak dan adik sudah bertengkar, rumah langsung ramai diisi oleh perdebatan mereka. Namun, jangan salah, ada manfaat di balik hal tersebut.

Psikolog Karen Young dalam Babyology mengatakan saudara bertengkar di rumah sangat penting dalam perkembangan anak karena hal ini membantu mengajarkan mereka bagaimana mengatasi berbagai situasi sosial yang menimpanya. Berikut manfaat di balik pertengkaran kakak dan adik. 

1. Belajar menyelesaikan masalah

Mereka belajar menghadapi dan menyelesaikan masalah terlebih dahulu dari keluarganya. Termasuk bagaimana menghadapi situasi yang kontradiktif dengannya.

Lama kelamaan mereka mampu menghadapinya dengan lebih baik. Bukan hanya ketika bertemu masalah personal di rumah tapi juga ketika harus dihadapkan pada situasi sosial di luar rumah.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Melatih Kecerdasan Sosial

Karen mengungkapkan, inilah hal terbaik yang bisa didapat anak-anak yang memiliki saudara di rumah, bertengkar mampu melatih kecerdasan sosial emosional mereka. Selalu ada hal yang bisa mereka pelajari ketika bertengkar.

Bisa itu menyadari kesalahan, bernegosiasi, meminta maaf, atau mengenali karakter yang berbeda. Jadi, membiarkan anak bertengkar itu tak masalah. Asal kita tahu batasan atau kapan harus melerai dan meluruskan masalah antara keduanya.

 

 

Penulis: Febi Anindya/ Sumber: Fimela

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.