Lebih Baik Makan Sebelum atau Sesudah Olahraga?

Oleh Liputan6.com pada 24 Agu 2019, 06:00 WIB
olahraga

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang mempertanyakan mengenai mana yang lebih baik antara makan sebelum atau sesudah berolahraga

Bonnie Taub-Dix, ahli kebugaran yang juga pendiri BetterThanDieting mengatakan sebagian besar tergantung pada apa yang Anda butuhkan.

"Beberapa orang yang saya nasihati tidak dapat makan sebelum berolahraga. Karena mereka akan merasa mual dan tidak nyaman tetapi ada juga orang yang memilih makan agar tidak lemas," ucapnya.

Sebagai aturan umum, Anda harus mempertanyakan hal tersebut pada diri sendiri. Mana yang lebih baik, makan sesudah atau sebelum olahraga. Bonnie menyarankan, jika Anda ingin makan sebelum olahraga, makanlah 30 menit atau 2 jam sebelumnya. 

Di sisi lain, Frances Largeman, seorang pakar nutrisi dan kesehatan mengatakan, idealnya Anda harus makan sekitar satu jam sebelum berolahraga. Tetapi jika Anda dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk makan, ia menyarankan untuk memakan pisang atau cemilan penambah energi. 

Kedua ahli tersebut sepakat bahwa meningkatkan energi dengan cukup dapat membantu Anda untuk memaksimalkan olahraga dan meningkatkan kinerja olahraga. Makan camilan sehat kombinasi protein dan karbohidrart yang baik dapat memberi Anda tenaga untuk berlari, melompat, dan mengangkat beban.

Jenis latihan yang Anda lakukan juga tidak menjadi penentu untuk jenis makanan apa yang harus Anda makan.

"Ketika saya melakukan olahraga yang ringan, saya bisa bergerak lebih baik jika tidak makan sebelumnya. Tetapi, kondisi tersebut tetap tergantung pada kebutuhan badan Anda," ucap Taub-Dix melansir laman Prevention, Sabtu (24/8/2019).

2 of 3

Makanan terbaik sebelum olahraga

Pisang
Ilustrasi/copyright unsplash.com/Eliv Sinas Aceron

Taub-Dix dan Largeman-Roth mengatakan makanan terbaik sebelum latihan adalah makanan ringan yang mudah untuk dicerna. Makanan seperti pisang, roti gandum dengan sepotong keju atau mentega, secangkir yogurt, atau smoothie adalah makanan ringan terbaik yang dapat Anda coba sebelum berolahraga. 

Largeman-Roth menambahkan, Anda setidaknya harus memiliki 200 hingga 250 kalori yang dikonsumsi sebelum olahraga sehingga tidak merasa kekenyangan. Jangan lupa untuk meminum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Setelah olahraga, protein sangat penting untuk memperbaiki otot setelah olahraga yang berat, sementara karbohidrat dapat membantu mengisi kembali energi yang telah Anda keluarkan. Jadi, makanan terbaik adalah sesuatu yang mengandung dua unsur tersebut.

Beberapa ide makanan setelah olahraga yang cepat dan mudah adalah semangkuk yogurt dengan kacang-kacangan, buah-buahan segar seperti anggur, muffin dengan avokad atau keju.

 

 

Penulis: Diviya Agatha

3 of 3

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait