Tak Perlu Panik, Ibu Bisa Lakukan Ini Bila Balita Terbentur

Oleh Babyologist pada 24 Agu 2019, 14:00 WIB
Anak menangis ketika tidur sendiri (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu sumber kekhawatiran orangtua adalah ketika mendapati buah hati jatuh atau terbentur sehingga menimbulkan benjol. Apa yang sebaiknya ibu lakukan bila menghadapi kondisi seperti ini? Simak tips Mommy Nisa Indah Pratiwi dari Babyologist berikut ini.

Apa yang Moms lakukan saat buah hati kita terbentur, terjatuh atau menabrak sesuatu sehingga menimbulkan bekas seperti benjol di kepala bayi kita? Pastinya Moms akan panik ya bahkan sampai menangis, merasa bersalah karena kita mungkin kurang jeli atau teliti saat menjaga buah hati kita.

Pada dasarnya bayi belum memiliki kendali yang sempurna untuk mengontrol badan mereka, sehingga hal tersebut bisa saja terjadi, biasanya bayi akan menangis sangat kencang saat terjadi kecelakaan tersebut dan hal pertama yang harus dilakukan adalah Moms sendiri jangan panik ya, jika panik justru akan membuat suasana lebih menyeramkan, walaupun pasti Moms bakalan panik sekali tapi percaya usahakan bertindak sewajarnya jangan panik supaya bayi kita juga merasa nyaman.

Selain jangan panik, hal yang harus kita lakukan saat kepala si Kecil terbentur yaitu:

- kompres bagian yang terluka dengan es batu yang dibungkus menggunakan handuk bersih dan lembut, kompres sekitar 15-20 menit selama 3-4 jam sekali.

- kalau bekas lukanya menimbulkan kulit terbuka kita bisa bersihkan dulu menggunakan air hangat dan setelah bersih dan kering bisa dioleskan salep khusus bayi lalu ditempeli plester dan pastikan Moms harus sering mengganti plester tersebut.

- berikan ASI atau minum yang banyak supaya si bayi merasa tenang. Dan biarkan si bayi beristirahat, namun Moms harus selalu tetap mengawasinya ya.

- setelah beberapa lama kalau muncul gejala demam pada bayi Moms bisa berikan paracetamol sesuai dosisnya. Paracetamol juga bisa meredakan rasa sakit pada luka tersebut, dan pastinya Moms harus berkonsultasi dulu pada dokter.

- insting seorang ibu pada anaknya pasti sangat kuat ya, Moms harus perhatikan jika setelah kecelakaan tersebut muncul gejala aneh seperti bayi terlihat diam, susah makan, Moms harus cepat-cepat membawanya ke dokter.

Tag Terkait

Live Streaming

Powered by