Sukses

Manfaat Merencanakan Jumlah Anak Sebelum Menikah

Sebelum menikah, satu hal yang bisa dilakukan pasangan untuk mempersiapkan kehidupan rumah tangga yakni dengan membicarakan atau merencanakan jumlah anak, waktu untuk hamil serta jarak kehamilan.

Liputan6.com, Jakarta Sebelum menikah, satu hal yang bisa dilakukan pasangan untuk mempersiapkan kehidupan rumah tangga yakni dengan membicarakan atau merencanakan jumlah anak, waktu untuk hamil serta jarak kehamilan.

Spesialis obstetri dan ginekologi dr Sandy Prasetyo dari RSIA Brawijaya mengatakan, merencanakan jumlah anak serta kapan ingin memiliki anak memberi dampak positif bagi pasangan yang akan membina rumah tangga.

Setidaknya ada empat manfaat yang didapat pasangan yang akan menikah ketika merencanakan hal-hal tersebut seperti:

1. Menghindari jarak kehamilan yang terlalu muda, terlalu tua, atau pun jarak antara kehamilan yang terlalu dekat.

"Karena ketiga kondisi kehamilan ini bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan reproduksi yang merugikan perempuan," ujar dr Sandy.

Risiko tersebut seperti pre-eklampsia, persalinan prematur, meningkatnya risiko melalui bedah caesar, serta risiko lainnya.

2. Mencegah terjadinya gangguan fisik dan psikologis akibat kehamilan yang tidak direncanakan.

3. Memiliki persiapan yaang matang terkait dengan perencanaan kehamilan.

4. Dapat meningkatkan kualitas diri dan mewujudkan mimpi untuk menjadi keluarga harmonis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.