Sukses

Jarak Usia Anak Jauh, Ini Keuntungannya

Bila jarak anak jauh sebenarnya memiliki banyak sisi positif.

Liputan6.com, Jakarta Jarak usia anak pertama dan kedua yang terlalu dekat membuat kasih sayang serta perhatian orangtua terbagi. Namun, bila jarak anak jauh sebenarnya memiliki banyak sisi positif.

Berikut keuntungan yang dirasakan anak bila jarak mereka tidak terlalu dekat seperti dilansir Moms.

1. Fokus orangtua lebih baik

Perbedaan umur yang jauh, memberikan orangtua lebih banyak waktu untuk anaknya secara efektif. Tentunya perhatian pada anak yang lebih besar akan berbeda dengan anak yang kecil. Orangtua pun bisa lebih baik dalam membagi waktu dan menikmati tiap momen perkembangan anak secara imbang.

2. Waktu untuk anak terbagi pas

Terkadang, memisahkan waktu untuk buah hati secara bergilir lebih sulit dilakukan ketika mereka terpaut umur yang dekat. Apalagi, jika anak memiliki sifat menuntut.Umur yang jauh, akan memudahkan orangtua membagi waktu. Misalnya, orangtua bermain dengan bayi ketika si sulung sekolah. Kemudian bermain dengan si sulung ketika si bayi tertidur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kakak lebih dewasa

Sebagai yang lebih tua, si kakak merasa akan memiliki andil untuk itu mengurus adik. Hal ini sedikit meringankan pekerjaan orangtua. Anak yang lebih besar bahkan bisa diminta menggendong, mengajak main dan menyuapi adiknya. Seru, bukan?

4. Pengaturan uang lebih baik

Memiliki anak, harus disertai perencanaan keuangan yang matang. Orangtua pastinya sudah terlatih saat mengurus keperluan anak pertama, terutama soal dana kesehatan, dana pendidikan dan pengeluaran lainnya.

Penulis: Keisha Ritzska Salsabila/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.