Sukses

Cium Aroma Gorengan Bisa Kenyang, Kok Bisa?

Cukup mencium aroma gorengan seperti bakwan atau tahu goreng bisa membuat kenyang, intip penjelasan dokter.

Liputan6.com, Jakarta Trik cerdik menikmati gorengan dibagikan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Vito A Damay. Melalui video singkat, ia mempraktikkan menikmati bakwan goreng yang dicocol saus kacang, tanpa harus memakannya.

Cukup menghirup aroma gorengan lalu dilanjutkan minum air putih sebanyak-banyaknya dapat membuat perut kenyang. Cara ini, lanjut Vito, dilakukan berulang kali sampai akhirnya perut kenyang dan tidak lagi ingin makan bakwan goreng.

Sinyal aroma bakwan goreng akan terekam otak dan air putih pun membuat kita kenyang. Prinsip ini sesuai fisiologi tubuh manusia.

"Inti rasa kenyang berasal dari peregangan lambung. Lambung kita enggak tahu isinya itu apa. Cuma tahu kalau meregang (yang akan mengarah pada rasa kenyang). Karena air, misalnya, dia (lambung) kirim sinyal kenyang ke otak. Otak mengaktifkan 'kepuasan' sehingga otomatis keinginan makan jauh berkurang," papar Vito kepada Health Liputan6.com melalui pesan singkat, Selasa (20/8/2019).

 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinyal Kenyang Aktif

Vito menambahkan, kalau  makan berat, lambung lebih lama teregang. Ini karena makanan akan melewati pintu dan bagian atas lambung terlebih dahulu.

"Beda dengan minum air putih. Minum air lebih cepat mengisi bagian bawah lambung dan langsung mengaktifkan sinyal kenyang ke otak," tambah dokter yang sehari-hari berpraktik di Siloam Hospitals Lippo Village Karawaci, Banten. 

Apabila sinyal kenyang sudah aktif, godaan untuk makan sesuatu akan jauh berkurang. Ini lebih mudah diatasi karena mengemil juga akan berkurang.

"Makanan seenak apapun, kalau kita sudah kekenyangan ya sebagian besar kita pasti menolak makan lagi dan rasanya tidak senikmat saat kita kelaparan," tutup Vito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.