3 Tanda Ibu Harus Me Time

Oleh Liputan6.com pada 20 Agu 2019, 14:00 WIB
Ilustrasi ibu bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Tugas seorang ibu bukan hal yang mudah. Tak hanya fisik, psikis pun tak jarang dibuat lelah yang membuat ibu jadi berisiko stres dan butuh me time. 

Seluruh waktu dan pikiran dicurahkan untuk anak-anak, suami dan keluarga. Kepentingan diri sendiri cenderung selalu disisihkan. Tak heran banyak ibu yang mengalami stres hingga depresi tanpa ia sadari.

Kondisi fisik lama kelamaan bisa bermasalah, karena kondisi mental yang tak sehat. Hubungan dengan suami dan anak-anak juga bisa bermasalah. Dalam kondisi demikian, ibu sebenarnya butuh waktu sendiri untuk beristirahat.

Apa saja tanda-tandanya saat seorang ibu butuh 'me time'? Yuk, cari tahu

 

2 of 4

Ibu Selalu Marah

Ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil (iStockphoto)

Tanda seorang ibu yang perlu istirahat adalah jika dia selalu marah. Mengekspresikan kemarahan sebenarnya bisa menjadi cara yang sehat untuk mengkomunikasikan perasaan negatif (lebih baik untuk mengeluarkannya daripada menyimpannya) atau dapat memotivasi seseorang untuk menyelesaikan masalah.

Namun, bagaimana kemarahan ditunjukkan, terutama jika itu adalah masalah kronis, bisa menjadi tanda yang jelas dari masalah mendasar lainnya.

Dapat dimengerti, karena menjadi ibu adalah serangkaian tanggung jawab yang tidak pernah berakhir. Ibu bisa sangat kelelahan.

Saat rasa lelah emosi memuncak, seluruh keluarga akan merasakannya. Penting untuk mengenali hal ini, bicarakan dengan pasangan kalau Anda butuh waktu sendiri dan beristirahat.

 

3 of 4

Ibu Selalu Merasa Terganggu

Ibu menyusui (iStock)
Ilustrasi ibu menyusui (iStockphoto)

Merasa terganggu, mudah tersinggung akan hal-hal kecil gejala lain saat seseorang sedang stres. Stres akut umumnya bersifat jangka pendek, dengan peningkatan tekanan darah dan detak jantung tetapi tidak cukup untuk menciptakan konsekuensi negatif yang mendalam pada otak dan tubuh.

Stres episodik dan kronis pada tubuh, yaitu kapanpun stres terjadi setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama, dapat menciptakan gejala fisiologis.

Jadi jika ibu merasa sangat mudah marah, mudah menangis dan kecewa, bisa jadi butuh waktu untuk sendiri.

 

4 of 4

Ibu Merasa Sangat Kesepian

Hubungan Ibu dan Anak Perempuan
Ilustrasi Foto Ibu dan Anak Perempuan (iStockphoto)

Banyak ibu yang merasakan perasaan kesepian. Mungkin ada suara anak-anak yang tak ada hentinya, namun tak ada orang lain untuk bertukar pikiran. Sementara suami baru pulang larut malam, lalu ia tidur.

Hal ini membuat ibu seperti terisolasi dari dunia luar. Sesekali, penting bagi ibu untuk menghabiskan waktu sendiri. Bisa berkumpul dengan teman lama, berbincang dengan orang lain atau kerabat dekat tanpa membawa anak-anak.

Penulis : Muthia Nugraheni / Dream.co.id

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait