Sukses

Sesmenpora Jelaskan Standar Dipilihnya Salma Jadi Pembawa Baki Paskibraka 2019

Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi dari Jawa Tengah terpilih menjadi pembawa baki Tim Merah Paskibraka Nasional 2019

Liputan6.com, Jakarta - Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi dari Jawa Tengah terpilih menjadi pembawa baki Tim Merah Paskibraka Nasional 2019 untuk pengibaran bendera pusaka merah putih. Dia adalah siswi sekolah asrama SMA Pradita Dirgantara Boyolali yang bercita-cita jadi pilot TNI Angakatan Udara.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto menjelaskan standar dipilihnya seseorang jadi pembawa baki.

“Saya kira banyak hal ya, terutama itu attitude, fisik, dan enak camera face ya. Dan yang jelas ada unsur lucky juga, keberuntungan. Ya semua kembali pada Allah yang di atas,” ujar Gatot di Ruang Tunggu Paskibraka Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Menurutnya, para pelatih memiliki penilaian dan perasaan yang jitu dalam memilih calon pembawa baki. Gatot menuturkan, pemilihan pun langsung dilakukan oleh tim pelatih tanpa campur tangan dari Kemenpora.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

By Feeling

Sebagai purna Paskibraka, Gatot sendiri mengaku telah memiliki perasaan bahwa Salma akan terpilih sebagai pembawa baki.

“Meskipun Salma tadi mengatakan baru tadi pagi (diberitahu),sebetulnya by feeling itu kami sudah terasa, karena kami sudah sendiri sebagai mantan Paskibraka tahun 78 itu, kami kakak-kakak itu kadang by feeling saja siapa kira-kira yang pas,” ungkap dia.

“Tapi kayak gitu kan kita ga mau membocori,” imbuhnya.

Selain itu, Gatot pun mengucapkan rasa syukurnya atas kesuksesan pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 yang dilangsungkan pagi hari ini.

“Kita bersyukur bahwa tugasnya Paskibraka pagi ini telah berlangsung dengan lancar dan sukses, memang deg-degan di pagi hari pada saat pengibaran bendera,” dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.