Sesmenpora Jelaskan Standar Dipilihnya Salma Jadi Pembawa Baki Paskibraka 2019

Oleh Ratu Annisaa Suryasumirat pada 17 Agu 2019, 13:02 WIB
Diperbarui 17 Agu 2019, 13:02 WIB
Paskibraka, Paskibraka Nasional 2019, Paskibraka 2019, HUT ke-74 RI, HUT RI ke-74
Perbesar
Tangis haru Tim Merah Paskibraka Nasional 2019 usai menjalankan tugasnya mengibarkan bendera di Istana Merdeka, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/Ratu Annisa Suryasumirat)

Liputan6.com, Jakarta - Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi dari Jawa Tengah terpilih menjadi pembawa baki Tim Merah Paskibraka Nasional 2019 untuk pengibaran bendera pusaka merah putih. Dia adalah siswi sekolah asrama SMA Pradita Dirgantara Boyolali yang bercita-cita jadi pilot TNI Angakatan Udara.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot S Dewa Broto menjelaskan standar dipilihnya seseorang jadi pembawa baki.

“Saya kira banyak hal ya, terutama itu attitude, fisik, dan enak camera face ya. Dan yang jelas ada unsur lucky juga, keberuntungan. Ya semua kembali pada Allah yang di atas,” ujar Gatot di Ruang Tunggu Paskibraka Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019).

Menurutnya, para pelatih memiliki penilaian dan perasaan yang jitu dalam memilih calon pembawa baki. Gatot menuturkan, pemilihan pun langsung dilakukan oleh tim pelatih tanpa campur tangan dari Kemenpora.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

By Feeling

Paskibraka, Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019, Pembawa Baki 2019, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi
Perbesar
Salma, Paskibraka Nasional 2019 dari Jawa Tengah (Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Sebagai purna Paskibraka, Gatot sendiri mengaku telah memiliki perasaan bahwa Salma akan terpilih sebagai pembawa baki.

“Meskipun Salma tadi mengatakan baru tadi pagi (diberitahu),sebetulnya by feeling itu kami sudah terasa, karena kami sudah sendiri sebagai mantan Paskibraka tahun 78 itu, kami kakak-kakak itu kadang by feeling saja siapa kira-kira yang pas,” ungkap dia.

“Tapi kayak gitu kan kita ga mau membocori,” imbuhnya.

Selain itu, Gatot pun mengucapkan rasa syukurnya atas kesuksesan pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-74 yang dilangsungkan pagi hari ini.

“Kita bersyukur bahwa tugasnya Paskibraka pagi ini telah berlangsung dengan lancar dan sukses, memang deg-degan di pagi hari pada saat pengibaran bendera,” dia mengakhiri.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓