Jokowi: Turunkan Angka Stunting agar Anak Tumbuh jadi Generasi Premium

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 16 Agu 2019, 11:09 WIB
Diperbarui 16 Agu 2019, 11:09 WIB
Jokowi dengan baju adat Sasak, Nusa Tenggara Barat. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)
Perbesar
Dalam pidato kenegaraan di Sidang MPR, Jokowi menyinggung soal menurunkan angka stunting. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meminta seluruh pihak bekerja sama menurunkan angka stunting di Indonesia. Hal tersebut disampaikan pada Pidato Kenegaraan di Sidang Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) danĀ Sidang Bersama DPD-DPR.

"Kita turunkan angka stunting sehingga anak-anak kita bisa tumbuh menjadi generasi yang premium," kata Jokowi tegas diĀ Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta Jumat (16/8/2019).

Jokowi mengatakan, hal itu harus dilakukan untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang sehat dan kuat. Sehingga nantinya Indonesia memiliki anak bangsa yang pintar dan berbudi pekerti luhur serta mampu berkompetisi di tingkat regional dan global.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan, untuk mewujudkan generasi premium juga dibutuhkan perluasan akses kesehatan dengan pemanfaatan teknologi dan pembangunan infrastruktur dasar ke seluruh pelosok tanah air.

"Kita tingkatkan kualitas kesehatan dengan pengembangan inovasi dan budaya hidup sehat," ujarnya.

Dalam Sidang Tahunan MPR hari ini, Jokowi rencananya akan tiga kali dengan tiga tema yang berbeda. Adapun, isu tentang stunting dia ungkapkan dalam pidato keduanya.

2 dari 2 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓