Paskibraka Nasional 2019 Amanda, Komandan Pengukuhan di Istana Negara

Oleh Aditya Eka Prawira pada 15 Agu 2019, 18:30 WIB
Diperbarui 15 Agu 2019, 18:30 WIB
Paskibraka Nasional 2019 putri dari Bali, I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastara
Perbesar
Paskibraka Nasional 2019 putri dari Bali, I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastara (Liputan6.com/Aditya Eka Prawira)

Liputan6.com, Jakarta - Paskibraka Nasional 2019 putri dari Bali, I Dewa Agung Ayu Alamanda Diastara, ditunjuk sebagai Komandan Pengukuhan di Istana Negara pada Kamis, 15 Agustus 2019.

Amanda, begitu dia biasa disapa, akan bersalaman langsung dan dipasangkan kendit oleh Presiden Joko Widodo, sebagai tanda bahwa 68 orang putra dan putri terbaik dari 34 provinsi di Indonesia ini sah menyandang status Paskibraka Nasional 2019.

Mereka juga yang akan bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada upacara HUT ke-74 RI pada 17 Agustus mendatang di halaman Istana Merdeka.

Paskibraka Nasional 2019 yang bersekolah di SMA Negeri 1 Bangli ini mengaku masih tak percaya diberi kepercayaan menjadi Komandan Pengukuhan. Sebab, Amanda mengira yang bakal menjalankan tugas tersebut adalah Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi, dari Jawa Tengah.

"Soalnya yang pertama dilatih dia. Dan suaranya pun bagus," kata Amanda kepada Diary Paskibraka Liputan6.com di Istana Negara pada Kamis, 15 Agustus 2019.

Namun ternyata, Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga, Asrorun Ni'am Sholeh beserta pembina dan pelatih Paskibraka Nasional 2019 sepakat memilih Amanda sebagai Komandan Pengukuhan di hadapan Presiden Joko Widodo.

"Untuk kegiatan pengukuhan ini sudah ditetapkan ananda Amanda dari Bali sebagai pemimpin," kata Asrorun.

"Ini sudah dilakukan simulasi, dan melihat basis kemampuannya, kerja sama di dalam tim secara umum menyepakati Amanda untuk kegiatan pengukuhan," katanya.

2 dari 2 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓