Sukses

7 Tanaman Herbal Penambah Stamina yang Bisa Ditemukan di Indonesia

Ini 7 tanaman herbal yang bisa Anda konsumsi untuk menambah stamina dan dapat ditemukan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia menduduki negara kedua dengan tanaman herbal terbanyak di dunia. Namun, banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahui manfaat apa saja yang diberikan oleh tanaman herbal, terutama terkait penambah stamina.

Berikut 7 tanaman herbal yang bisa Anda konsumsi untuk menambah stamina dan mudah ditemukan di Indonesia.

1. Jahe Merah

Jahe merah menjadi tanaman herbal yang umum digunakan orang Indonesia sebagai rempah-rempah. Jahe merah dapat bermanfaat dalam melancarkan peredaran darah dan meningkatkan energi.

Selain itu, dilansir dari Medical News Today ditulis Jumat (9/8/2019), jahe merah dapat meningkatkan kesuburan pria, mengobati rasa mual, meningkatkan saluran pencernaan, mengurangi rasa sakit seperti nyeri otot dan nyeri menstruasi, hingga meredakan peradangan.

2. Akar Maca

Akar maca berkhasiat untuk meningkatkan tenaga dan performa olahraga, terutama di kesehatan seksual. Tanaman herbal ini berasal dari Peru, namun sekarang sudah tumbuh di Indonesia.

Akar maca juga dapat meningkatkan libido, mengurangi gejala menopause, memerangi radikal bebas, mengurangi dampak sinar matahari, mengurangi tekanan darah, meningkatkan suasana hati, hingga meningkatkan kesuburan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cabe Jawa

3. Cabe Jawa

Cabe jawa atau cabe puyang ini bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan dan pencernaan, mengobati sakit perut, diare, gangguan pencernaan, gas usus, dan kolera.

Kegunaan lainnya adalah mengobati sakit kepala, sakit gigi, kekurangan vitamin B1, koma, epilepsi, demam, stroke, sulit tidur, kusta, kelelahan esktrem, pembesaran limpa, nyeri otot, kelumpuhan hidung, psoriasis, cacing usus, gigitan ular, tetanus, hingga TBC dan tumor.

4. Pasak Bumi

Pasak bumi berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan energi serta meningkatkan gairah seksual. Dilansir dari WebMD, pasak bumi juga dapat mengobati disfungsi ereksi, mengobati infertilitas pria dan meningkatkan kinerja atletik.

Walaupun manfaat ini belum terbukti secara ilmiah, namun masyarakat Indonesia sudah banyak yang menggunakannya sejak dahulu kala dan telah digunakan secara turun temurun.

3 dari 3 halaman

Purwoceng

5. Purwoceng

Berdasarkan jurnal UGM, purwoceng adalah tanaman endemik di daerah pengunungan seperti Dataran Tinggi Dieng, Gunung Pangrango, dan daerah pegunungan di Jawa Timur. Selain itu, purwoceng dapat meningkatkan stamina dan kesehatan otot dan dapat meningkatkan gairah seksual.

6. Ginseng

Ginseng berkhasiat untuk meningkatkan energi, stamina, dan menjaga imunitas tubuh. Ginseng dapat membantu merangsang aktivitas fisik dan mental pada orang yang merasa lemah atau lelah.

Selain itu, ginseng dapat meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi peradangan, mencegah flu, dan menurunkan gula darah.

7. Tribulus

Tribulus bermanfaat dalam meningkatkan stamina pria. Orang-orang juga menggunakan tribulus untuk kondisi seperti nyeri dada, eksim, pembesaran prostat, gangguan seksual, infestilitas, dan kondisi lainnya.

 

Penulis: Febrianingsih Alamako

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini