Sukses

Cukup Asupan Vitamin A Turunkan Risiko Kena Kanker Kulit

Cukup vitamin A dalam tubuh menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Liputan6.com, Jakarta Vitamin A memiliki manfaat untuk kekebalan tubuh, tulang, penglihatan, dan kesehatan reproduksi. Selain itu, berdasarkan penelitian asupan vitamin A dari makanan tercukupi dapat mengurangi risiko terkena kanker kulit. 

Dalam ulasan Nurses Health Study dan Health Professionals Follow-up Study menunjukkan, asupan vitamin A dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan karsinoma sel skuamosa kulit atau SCC, sejenis kanker kulit ganas.

SCC lebih sering terjadi pada orang kulit putih dan sering mempengaruhi orang-orang di wilayah yang sering terkena paparan sinar matahari seperti dikutip laman Today, Rabu (14/8/2019). 

 

Mengingat manfaat baik vitamin A bagi tubuh, pastikan setiap hari mengonsumsi makanan kaya vitamin itu. Di makanan apa saja?

Zat karotenoid adalah zat yang menyebabkan warna merah, kuning, oranye, dan hijau tua pada buah dan sayuran. Zat tersebut berfungsi sebagai sumber vitamin A. Makanan yang memiliki zat karotenoid seperti labu, wortel, dan kentang manis dapat dijadikan pilihan untuk sumber vitamin A bagi tubuh Anda.

Anda juga bisa ,enambahkan wortel atau paprika ke salad, atau labu ke dalam sup dan saus dapat meningkatkan kadar vitamin A dalam makanan Anda. Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung juga mengandung vitamin A yang tinggi. Juga dalam produk hewani seperti telur, hati, daging sapi, susu murni, dan keju.

Namun, tidak semua orang mampu menyerap vitamin A dengan cara yang sama. Faktor genetika memainkan peran dalam penyerapan vitamin.

 

Penulis: Diviya Agatha

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.