Selvi Ananda Hamil, Simak 6 Fakta tentang Kehamilan Kedua

Oleh Liputan6.com pada 07 Agu 2019, 14:27 WIB
Diperbarui 07 Agu 2019, 14:27 WIB
Lamaran putra Jokowi

Liputan6.com, Jakarta Kabar bahagia kembali datang dari keluarga Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Istri putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yakni Selvi Ananda tengah mengandung anak kedua. 

Kabar kehamilan Selvi Ananda dibenarkan oleh kakak kandung Ibu Negara Iriana Jokowi, Haryanto. 

“Iya, insya Allah benar Selvi sedang hamil anak kedua,” ucap Haryanto saat dihubungi wartawan seperti dikutip dari Kapanlagi.com.

Kehamilan pertama Selvi Ananda sekitar tiga tahun lalu yang pada 10 Maret 2016 melahirkan Jan Ethes. Lalu, apakah ada perbedaan antara kehamilan pertama dan kedua?

Berikut enam hal yang harus Anda ketahui mengenai kehamilan kedua. Selengkapnya seperti dilansir Today's Parent, Rabu (7/8/2019).

1. Ukuran perut lebih cepat besar daripada kehamilan pertama

Rahim tidak menyusut ke ukuran aslinya setelah hamil. Hal tersebut karena ligamen dan otot sudah meregang pada kehamilan pertama.

"Sehingga, kehamilan akan terlihat lebih awal dibanding yang pertama," kata dokter kebidanan dan kandungan Jillian Coolen. 

2. Merasakan pergerakan janin lebih awal

Ketika pertama kali hamil, ibu belum terlalu peka terhadap gerakan janin. Namun, di kehamilan kedua ibu merasakan gerakan janin di usia kehamilan lebih awal dibanding kehamilan pertama.

"Karena tubuh ibu sudah lebih sadar," kata bidan Nicola Strydom. 

 

Menantu Presiden Jokowi Hamil Anak Kedua, Ini 5 Potret Terbaru Selvi Ananda
Menantu Presiden Jokowi Hamil Anak Kedua, Ini 5 Potret Terbaru Selvi Ananda (sumber: Instagram.com/dierabachir)
2 dari 4 halaman

3. Lebih Lelah

Menantu Presiden Jokowi Hamil Anak Kedua, Ini 5 Potret Terbaru Selvi Ananda
Menantu Presiden Jokowi Hamil Anak Kedua, Ini 5 Potret Terbaru Selvi Ananda (sumber: Instagram.com/janethes_story)

Selama kehamilan kedua, ibu masih harus mengurus anak pertama. Hal tersebut dapat membuat kelelahan yang normal pada kehamilan.

Selain itu, kata Coolen, ibu yang hamil untuk kedua kalinya kerap lupa mengonsumsi vitamin dari dokter. Padahal, vitamin turut memengaruhi stamina ibu. 

4. Keluhan nyeri lebih sering dibanding hamil anak pertama 

Pada kehamilan kedua, persendian tubuh sangat cepat mengendur. Hal ini menyebabkan ibu lebih sering mengeluh sakit dan nyeri. Selain itu, Coolen menduga hal itu terjadi karena hormon relaxin lebih terasa di kehamilan kedua. 

Selain itu, lokasi janin mungkin agak sedikit lebih ke bawah, sehingga membuat ibu cenderung mengeluh nyeri punggung dan pinggul. 

 

3 dari 4 halaman

5. Lebih sering rasakan kontraksi Braxton Hicks

Selvi Ananda
Selvi Ananda saat hadir di pesta ulang tahun Sedah Mirah. (dok. Instagram @reisabrotoasmoro/https://www.instagram.com/p/B0sXlC0AsOY/Putu Elmira)

Pernah merasakan kontraksi Braxton Hicks di kehamilan pertama, maka di kehamilan kedua ibu sering merasakannya. 

"Mungkin saat hamil anak pertama, Anda hanya merasa bahwa bayi sedang bergerak," kata Strydom.

6. Durasi persalinan Anda lebih pendek

Bagi yang melahirkan secara normal saat anak pertama, maka rahim dan leher rahim telah melewati proses persalinan sebelumnya. Maka, biasanya fase persalinan yang kedua dapat memakan waktu yang lebih singkat.

Rata-rata kelahiran pertama memakan waktu rata-rata sembilan jam. Sedangkan kelahiran kedua memakan waktu rata-rata enam jam.

 

 Penulis: Diviya Agatha

4 dari 4 halaman

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓