4 Manfaat Tak Terduga dari Tertawa

Oleh Liputan6.com pada 06 Agu 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 07 Agu 2019, 21:13 WIB
Mo Sidik dan Isman HS Ramaikan JICOMFEST 2019

Liputan6.com, Jakarta Jakarta Internasional Comedy Festival (JICOMFEST) 2019 sukses digelar kemarin, 3-4 Agustus di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Materi dari para komika membuat ribuan penonton yang datang tertawa lepas di akhir pekan kemarin. 

Berbicara mengenai tertawa, ada banyak manfaat dari aktivitas ini. Menurut penelitian di Finlandia dan Inggris, tertawa dapat memicu pelepasan hormon endorfin yang bertanggung jawab untuk mendongkrak emosi bahagia. Sehingga, tawa dapat meningkatkan ikatan sosial Anda.

Selain ikatan sosial tertawa juga baik untuk kesehatan, salah satunya meningkatkan performa otak. Sebuah penelitian dari Loma Linda University, Amerika Serikat menemukan bahwa tertawa dapat meningkatkan kadar imunoglobulin yang dapat mencegah penyakit hingga 14 persen.

Berikut ini merupakan manfaat lain dari tertawa yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir dari laman Women's Health, Selasa (6/8/2019)..

1. Pertajam otak

Beberapa penelitian menujukan tertawa dapat mempertajam pemikiran Anda. Para ilmuwan sangat yakin ada aktivitas ini hubungannya dengan merangsang pusat otak.

Dalam sebuh penelitian 2003 di Stanford, para peneliti menempatkan subyek penelitian dalam mesin MRI dan membiarkan mereka menonton video lucu. Ketika mereka mendapat lelucon dan mereka tertawa, area otak tengah bekerja secara lebih aktif. 

2. Membakar kalori lebih banyak

Ketika tertawa detak jantung meningkat 10 hingga 20 persen, Jika tertawa dilakukan selama 10 hingga 15 menit setiap harinya akan membakar 10 hingga 40 kalori.

 

2 of 3

3. Tertawa Menghalau Rasa Sakit

Tertawa, Cara Sehat yang Murah & Kaya Manfaat
Ilustrasi tertawa

Tawa dipercaya dapat menghalau rasa sakit Anda. Dalam sebuah penelitian tahun 2012, para peneliti menemukan bahwa tertawa secara dapat mengurangi rasa sakit. Kok bisa?

Hal ini terjadi karena ada adanya ledakan endorfin dalam tubuh. Saat seseorang tertawa senyawa di otak mengubah perasaan seseorang menjadi lebih baik dan dapat mengurangi rasa sakit di tubuh Anda.

4. Aliran darah meningkat

Para peneliti dari University Of Maryland dan Stanford University, Amerika Serikat menemukan fakta bahwa dengan tertawa 22 persen aliran darah meningkat. Selain itu, mereka menemukan adanya peningkatan nitrit oksida, yang melindungi sistem kardiovaskular.

 

Penulis : Eflien Anggelien

3 of 3

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by