Sukses

Alasan Paskibraka Nasional 2019 Selalu Diberikan Roti untuk Camilan

Paskibraka Nasional 2019 menyantap camilan roti sebanyak tiga kali.

Liputan6.com, Jakarta - Calon Paskibraka Nasional 2019 memiliki waktu untuk menyantap kudapan sebanyak tiga kali dalam sehari.

Sekitar pukul 10.00, pukul 15.30 setelah salat Ashar, dan di sela-sela materi malam.

Dari pantauan Diary Paskibraka Liputan6.com selama mengikuti kegiatan anggota Paskibraka Nasional 2019 di Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga (PP-PON) Kemenpora, Cibubur, Jakarta Timur, untuk camilan selalu disediakan roti, teh manis, dan air putih.

Menurut salah seorang tim medis dari Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON), Dr Yasmine Anis, dipilihnya menu-menu itu agar kalori 68 orang Paskibraka dari seluruh Indonesia tersebut tidak kurang.

"Seluruh makanan yang disantap dari pagi akan termetabolisme di saat mereka latihan," kata Yasmine.

"Kalau mereka tidak diberikan makanan yang padat, takutnya kalori mereka kurang, gula kurang, dan nanti dia tidak dapat energi lagi," Yasmine menjelaskan.

Baca juga: FOTO: Rok Selutut Anggota Paskibraka Nasional Angkatan Pertama

Roti, lanjut dia, memiliki kalori yang sesuai dengan yang dibutuhkan anggota Paskibraka Nasional 2019. Sementara kalau roti tersebut diganti dengan buah, malah membuat perut mereka terasa kenyang lebih lama.

"Padahal anak-anak ini butuh asupan lebih dari orang normal lainnya," ujarnya.

 

Simak Video Menarik Terkait Paskibraka Nasional

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buah untuk Paskibraka Nasional 2019 Selalu Ada Saat Makan Besar

Buah memiliki serat yang banyak, juga sejumlah vitamin yang baik bagi tubuh mereka. Akan tetapi besaran kalori buah tidak sebesar roti.

"Buah kalorinya tidak terlalu banyak, gulanya juga tidak terlalu banyak, ditakutkan tidak mencukupi energi yang sudah dikeluarkan," kata Yasmine.

"Malah kelaparan nanti," dia melanjutkan.

Kalau anggota Paskibraka Nasional 2019 sampai kekurangan gula, gula darah mereka jadi gampang turun yang malah membuat mereka berisiko mudah pingsan.

Lagi pula di saat makan besar selalu ada buah. Entah itu pepaya, jeruk, atau pisang.

"Biasanya paling sering itu pisang. Pisang kaliumnya banyak, ionnya banyak, jadi membantu dia untuk tidak gampang keram. Rasa kenyangnya pun pas," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Kalori Anggota Paskibraka Nasional 2019 Setara Atlet

Di sinilah kegunaan tim medis selain mengecek kesehatan mereka secara rutin. Tim medis yang berjumlah empat orang, harus memastikan betul bahwa kebutuhan kalori seluruh anggota Paskibraka Nasional 2019 tercukupi. 

Maklum saja, anak-anak ini berada di lapangan untuk latihan baris-berbaris dari pukul 07.00 sampai pukul 17.00 . Sehingga mereka butuh kalori yang besarannya mirip dengan atlet, sekitar 2.500 sampai 3.000 kilo kalori. 

"Mereka ini gerak terus, aktivitasnya sedang tinggi," kata Yasmine. 

"Keringat keluarnya banyak, energi pun keluarnya banyak juga, jadi camilan harus yang sesuai," Yasmine menjelaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.