Pecah Ketuban Lebih Awal, Ellon Melahirkan Bayi Seberat 13 Ons

Oleh Liputan6.com pada 04 Agu 2019, 14:00 WIB
20151013-Ilustrasi Proses Melahirkan

Liputan6.com, Jakarta - Ellonn Smartt, wanita asal Amerika Serikat baru saja melahirkan seorang bayi laki-laki pada usia kehamilan 23 minggu.

Air ketubannya pecah lebih awal dan membuatnya harus melahirkan lebih cepat dari waktu yang seharusnya. Ellen melakukan operasi cesar dan berhasil melahirkan Jaden Wesley Morrow dengan berat 13 ons.

“Lengan dan jari kakinya bergerak. Dia adalah keajaiban kecil bagi kami,” ujar Ellen seperti dikutip dari Prevention pada Sabtu, 3 Agustus 2019.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, hanya setengah dari satu persen kelahiran yang terjadi sebelum trimester ketiga.

Kelahiran yang terjadi pada minggu ke-20 sampai ke-25 seperti Jaden masih berada dalam batas kelayakan. Karena janin masih mampu bertahan hidup di luar Rahim.

Namun, tingkat kelangsungan hidup bayi menjadi rendah. Jaden berisiko mengalami kesulitan perkembangan.

 

 

2 of 2

Dirawat di NICU

20151013-Ilustrasi Proses Melahirkan
Ilustrasi Proses Melahirkan (iStockphoto)

Jaden dirawat di NICU, Blank Children’s Hospital, Des Moines, Amerika Serikat. Dirinya akan dirawat selama kurang lebih empat bulan.

“Dia ditempatkan dalam sebuah ventilator kecil, tapi dokter mengatakan dia terlihat baik. Ia juga mendapatkan ASI dan berat badannya bertambah,” kata Ellenn.

Ellen dan kekasihnya Jordan Morrow, ayah Jaden, membuat penggalangan dana melalui internet beberapa hari setelah Jaden dilahirkan untuk membantu pembiayaan mereka.

Hingga saat ini mereka sudah memperoleh uang sebesar $2.500 atau sekitar Rp35 juta. Mereka juga terus membagikan foto dan informasi terkini dari Jaden dalam laman tersebut.

“Para dokter menganggap perkembangan Jaden luar biasa sejauh ini. Dan saya akan tetap berpikiran positif untuk Jaden,” Ellenn mengakhiri.

 

Penulis: Diviya Agatha

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait