Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Alasan Pria dan Wanita Kesakitan Saat Berhubungan Seks

Pria maupun wanita bisa merasa kesakitan saat berhubungan intim. Namun rasa sakit saat berhubungan seks ini umum dialami wanita.

Liputan6.com, Jakarta Seks ternyata tak selalu menyenangkan bagi semua orang. Pria maupun wanita bisa merasa kesakitan saat berhubungan intim. Namun rasa sakit saat berhubungan seks ini umum dialami wanita.

Janet Brito, PhD, LCSW, CST, seorang terapis seks bersertifikat mengatakan sekitar 75% wanita melaporkan mengalami rasa sakit saat berhubungan seks di beberapa titik selama hidup mereka.

Ada beberapa alasan umum wanita mengalami nyeri seks seperti dikutip dari Medical News Today:

1. Vulvodynia: kondisi ini membuat wanita merasa gatal-gatal, serta terasa sakit yang membakar selama dan setelah berhubungan seks.

2. Infeksi vagina seperti infeksi ragi.

3. Cedera otot atau disfungsi, terutama cedera dasar panggul setelah melahirkan.

4. Perubahan hormon, yang dapat menyebabkan kekeringan dan nyeri pada vagina saat berhubungan seks.

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Pria Kesakitan Saat Berhubungan Seks

Tak hanya wanita, Brito mengatakan, pria juga bisa mengalami rasa sakit saat berhubungan seks. Beberapa penyebab umum termasuk:

1. Kelainan struktural pada penis, seperti phimosis

2. Infeksi

3. Masalah dengan prostat, seperti prostatitis

Apabila rasa sakit berlanjut dari waktu ke waktu atau semakin buruk maka segera temui dokter. Namun Brito menyayangkan beberapa pasian terutama wanita melaporkan jika dokternya mengabaikan rasa sakit seksual atau memberi tahu mereka bahwa semuanya karena yang ada di kepala mereka.

"Orang yang tidak mendapatkan perawatan sensitif dan responsif dari penyedia layanan kesehatan harus ganti penyedia layanan atau mencari pendapat kedua."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.