Usai Operasi Plastik, Arya Permana Perlu Protein Tinggi

Oleh Arie Nugraha pada 29 Jul 2019, 14:00 WIB
Diperbarui 31 Jul 2019, 13:13 WIB
Pasien eks obesitas asal Karawang Jawa Barat Arya Permana, tengah dilakukan pengukuran baju di ruang poliklinik anak RSHS, untuk dipakai usai operasi bedah plastik pada 24 Juli 2019 mendatang. (Liputan6.com/Arie Nugraha)

Liputan6.com, Bandung Pascaoperasi plastik untuk mengangkat kulit menggelambir di kedua lengannya, pasien eks obesitas asal Karawang, Jawa Barat, Arya Pemana (13) disebutkan membutuhkan asupan protein tinggi. Asupan protein itu diperlukan agar pemulihan kondisi tubuh pascaoperasi, terutama luka bekas operasi dapat sembuh dengan baik. 

Anggota tim dokter spesialis anak nutrisi dan metabolik Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Viramitha Kusnandi Rusmil mengatakan, jenis protein yang dibutuhkan seperti dari ayam, daging, sayuran dan susu. 

Viramitha menyebutkan secara keseluruhan, tidak ada pantangan bagi Arya Permana soal menu makanan.

"Operasi pertama kan hanya di bagian ensenitas ya di tangan, jadi makanan bisa langsung nasi. Boleh itu, tapi nanti harus dihitung kadar protein, karbohidrat, dan kalorinya," kata Viramitha di RSHS, Bandung, Senin, 29 Juli 2019. 

Menurut keterangan, usai menjalani operasi pengangkatan gelambir, Arya Permana dijadwalkan sudah bisa pulang hari ini. 

 

 

2 of 3

Disesuaikan dengan Berat Badan Arya

Viramitha mengatakan kebutuhan asupan makanan seperti kalori akan disesuaikan dengan barat badan Arya saat ini. Seluruh kebutuhan asupan makanan pascaoperasi itu dilakukan tim dokter spesialis bagian anak dan nutrisi bekerja sama dengan ahli gizi.

Bahkan ujar Viramitha, penghitungan asupan makanan yang dibutuhkan oleh Arya sampai ke kadar elektrolit. Pada dasarnya kata Viramitha, perlakukan terhadap Arya Permana hampir sama dengan pasien pasca operasi lainnya.

"Boleh makan apa saja," kata Viramitha.

Arya Permana menjalani operasi plastik tahap pertama untuk pengambilan kulit menggelambir dibagian lengan pada Rabu, 24 Juli 2019 lalu. Usai dirawat hampir sepekan di RSHS Bandung, Arya Permana pada hari ini diperbolehkan pulang dan menjalani rawat jalan selama 3 - 6 bulan mendatang. (Arie Nugraha)

3 of 3

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓