Sukses

Usai Operasi Plastik, Arya Permana Perlu Protein Tinggi

Pascaoperasi plastik untuk menghilangkan kulit menggelambir di kedua lengannya, pasien eks obesitas asal Karawang, Jawa Barat, Arya Pemana (13) disebutkan membutuhkan asupan protein tinggi.

Liputan6.com, Bandung Pascaoperasi plastik untuk mengangkat kulit menggelambir di kedua lengannya, pasien eks obesitas asal Karawang, Jawa Barat, Arya Pemana (13) disebutkan membutuhkan asupan protein tinggi. Asupan protein itu diperlukan agar pemulihan kondisi tubuh pascaoperasi, terutama luka bekas operasi dapat sembuh dengan baik. 

Anggota tim dokter spesialis anak nutrisi dan metabolik Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Viramitha Kusnandi Rusmil mengatakan, jenis protein yang dibutuhkan seperti dari ayam, daging, sayuran dan susu. 

Viramitha menyebutkan secara keseluruhan, tidak ada pantangan bagi Arya Permana soal menu makanan.

"Operasi pertama kan hanya di bagian ensenitas ya di tangan, jadi makanan bisa langsung nasi. Boleh itu, tapi nanti harus dihitung kadar protein, karbohidrat, dan kalorinya," kata Viramitha di RSHS, Bandung, Senin, 29 Juli 2019. 

Menurut keterangan, usai menjalani operasi pengangkatan gelambir, Arya Permana dijadwalkan sudah bisa pulang hari ini. 

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disesuaikan dengan Berat Badan Arya

Viramitha mengatakan kebutuhan asupan makanan seperti kalori akan disesuaikan dengan barat badan Arya saat ini. Seluruh kebutuhan asupan makanan pascaoperasi itu dilakukan tim dokter spesialis bagian anak dan nutrisi bekerja sama dengan ahli gizi.

Bahkan ujar Viramitha, penghitungan asupan makanan yang dibutuhkan oleh Arya sampai ke kadar elektrolit. Pada dasarnya kata Viramitha, perlakukan terhadap Arya Permana hampir sama dengan pasien pasca operasi lainnya.

"Boleh makan apa saja," kata Viramitha.

Arya Permana menjalani operasi plastik tahap pertama untuk pengambilan kulit menggelambir dibagian lengan pada Rabu, 24 Juli 2019 lalu. Usai dirawat hampir sepekan di RSHS Bandung, Arya Permana pada hari ini diperbolehkan pulang dan menjalani rawat jalan selama 3 - 6 bulan mendatang. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Arya Permana lahir di Karawang, Jawa Barat 10 tahun lalu. Ia menjadi sorotan karena berat tubuhnya yang berlebih.
    Arya Permana lahir di Karawang, Jawa Barat 10 tahun lalu. Ia menjadi sorotan karena berat tubuhnya yang berlebih.

    Arya Permana

  • Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal.

    Obesitas