40 Persen Wanita Indonesia Pilih Pasangan Hidup Lewat Musik

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 29 Jul 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 29 Jul 2019, 21:14 WIB
Kata-kata Lucu Tentang Cinta

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 40 persen wanita Indonesia memilih pasangannya melalui jenis musik yang disukai. Temuan tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan situs kencan OkCupid.

Selera musik ini rupanya dapat memengaruhi minat untuk menemukan cinta sekaligus pasangan hidup. Dalam hal ini, musik digunakan menilai seseorang, baik sikap dan sifatnya.

“Dengan kata lain, musik juga dapat digunakan sebagai instrumen untuk menilai seseorang. Survei terbaru kami menemukan, 40 persen wanita Indonesia berusia antara 21-34 tahun memilih pria berdasarkan preferensi musik mereka,” tambah CMO situs kencan populer OkCupid, Melissa Hobley, dalam rilis yang diterima Health Liputan6.com, Minggu (28/7/2019).

"Itu sebabnya di OkCupid, kami memastikan dapat membantu mencocokkan orang-orang dengan hal-hal yang penting bagi mereka, seperti musik atau olahraga."

Tidak dapat dimungkiri, dalam memilih pasangan seseorang mempertimbangkan, hal-hal paling sederhana seperti musik. Artikel penelitian berjudul “Pesan dalam Balada: Peran preferensi musik dalam persepsi interpersonal” yang diterbitkan pakar psikologi Peter J Rentfrow dan Samuel D. Gosling menjelaskan, bagaimana seseorang dapat bergantung pada selera musik untuk menilai persepsi satu sama lain.

2 dari 4 halaman

Penghubung Saling Berkenalan

tips bahagia pasangan
Musik jadi penghubung untuk saling berkenalan. Copyright shutterstock.com

Menilai seseorang dari musik sejalan dengan survei yang dilakukan oleh OkCupid yang menunjukkan, 86 persen penggunanya setuju bahwa musik memainkan peran besar dalam kehidupan mereka.

Melissa berpendapat musik termasuk topik yang paling umum untuk dibicarakan antara dua orang. Memulai untuk saling berkenalan dan menemukan kesamaan. Seseorang menganggap selera musik dapat lebih mengungkapkan kepribadian mereka dibandingkan selera terhadap buku, pakaian, makanan, film, dan acara televisi

Dengan minat besar terhadap musik, festival musik sering dipilih untuk dikunjungi di banyak tempat di seluruh dunia. Momen ini akan memperlihatkan, seseorang bisa sepenuhnya mengekspresikan dirinya pada musik bersama pasangannya.

3 dari 4 halaman

Menyaksikan Pertandingan Olahraga

Hajar Ganda Putra China, Kevin/Markus Melenggang ke Semifinal
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat melawan Ou Xuan Yi/Zhang Nan (China) di perempat final Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (19/7/2019). Marcus/Kevin unggul 21-12, 21-16. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Dalam acara We The Fest yang baru-baru ini digelar, survei OkCupid menemukan, sekitar 84 persen responden Indonesia mengklaim, mereka bersedia untuk pergi ke acara musik kapan pun ada kesempatan.

“Ribuan profil kencan OkCupid di Indonesia mengungkapkan, mereka suka pergi ke acara live music, termasuk festival,” lanjut Melissa.

Selain musik, ternyata muda mudi di Indonesia juga menganggap olahraga sebagai pilihan populer. Setiap negara memiliki preferensi olahraga yang berbeda.

"Kami tahu bagaimana Indonesia tergila-gila pada bulu tangkis, apalagi melihat keseruan seputar turnamen Indonesia Open 2019 baru-baru ini,” Melissa menerangkan.

OkCupid pun menemukan, 75 persen pengguna Indonesia berharap suatu hari dapat menyaksikan turnamen bulu tangkis secara langsung. “Mungkin inilah waktunya pergi ke pertandingan olahraga bisa menjadi sesuatu yang pasangan Anda idam-idamkan untuk kencan berikutnya,” tutup Melissa.

4 dari 4 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓