Sukses

6 Tips Atur Waktu Tidur Bayi di Malam Hari

ternyata, jam tidur bayi yang baru lahir pun bisa diatur agar ortu tidak terlalu kelelahan. Simak penuturan Mommy Ayunda Tan dari Babyologist berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Satu hal yang biasa ditemukan pada orangtua baru adalah kurang tidur. Para ortu baru, terutama ibu, memang jadi lebih sering begadang karena bayi masih menyusu setiap dua atau tiga jam sekali. Namun ternyata, jam tidur bayi yang baru lahir pun bisa diatur agar ortu tidak terlalu kelelahan. Simak penuturan Mommy Ayunda Tan dari Babyologist berikut ini.

Hai Moms, siapa di sini yang new Mom seperti aku? Pasti banyak new Moms yang suka bergadang malam-malam, kan? Ya wajar saja, karena bayi masih menyusu setiap 2 sampai 3 jam sekali ya. Tapi kita bisa lho Moms mengatur jam tidur bayi semenjak awal-awal kelahirannya.

Ga sedikit aku dengar teman-temanku yang sudah lebih dulu punya anak dari bulan pertama susah sekali mengatur tidur bayi. Bahkan sampai menginjak usia di atas 3 bulan, mereka masih saja begadang. Untuk aku pribadi, bulan pertama adalah waktu terenak, walaupun setiap 2 jam sekali bangun untuk menyusui, tapi kita bisa memberikannya jadwal.

Gimana sih caranya?

1. Perhatikan jam terakhir menyusui si bayi.

Kalau bisa, usahakan jam 9 malam itu bayi terakhir menyusui pada malam hari. Kenyang atau tidak kenyang, biarkan bayi tahu kalau ini waktunya untuk tidur, kalau lapar dia akan menyusu dengan sendirinya, kalau kenyang pun, dia cuma mengempeng saja. It's works lho, Moms. Yang penting kita bisa menstimulasi sejak dini jam tidurnya.

2. Padamkan lampu saat jam tidur.

Di sini kita mau menerapkan perbedaan siang dan malam. Perlahan bayi akan mulai menyesuaikan diri, kapan waktu tidur dan juga sebaliknya.

3. Bedakan tempat tidur bayi saat tidur siang dan tidur malam.

Seperti menidurkan bayi di kereta dorong saat siang hari dan baru menempatkannya pada tempat tidurnya seperti box atau kasur Moms biasa tidur pada waktu malam.

4. Atur suhu kamar.

Jangan terlalu panas dan juga jangan terlalu dingin. Buatlah senyaman mungkin, biasanya bayi akan tahu kondisi kamar seperti ini dia akan tidur.

5. Jangan biasakan mengajak bayi bercanda atau mengobrol saat masuk jam tidur.

Sepertinya susah ya Moms, meninggalkan bayi yang sedang mengajak bercanda atau berbicara. Tapi kalau dibiarkan, nanti si bayi akan tidur lebih larut dan tidak bisa membedakan mana jam bermain dan istirahat. Ga ada salahnya jika Moms pura-pura tidur, agar si bayi tahu kalau ini bukan waktunya untuk bercanda, bermain, atau berlatih.

6. Konsisten dalam menerapkan jadwal tidur.

Ini yang perlu diperhatikan, Moms. Pelan tapi pasti ya, tanpa disadari si bayi mulai mengerti pola tidurnya.

Bagaimana Moms, mudah kan? Apakah Moms punya cerita lain dibalik mengatur jadwal tidur bayi pada malam hari? Boleh ya Moms di share ke aku juga.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.