Menkes Nila Minta Tenaga Kesehatan Jangan Cemberut Saat Layani Pasien

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 25 Jul 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 25 Jul 2019, 15:17 WIB
Perawat (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F. Moeloek meminta agar rumah sakit meningkatkan pelayanan pada pasien. Termasuk , hal-hal kecil seperti perilaku tenaga kesehatan.

Nila mengungkapkan, pesan pada tenaga kesehatan tersebut juga merupakan keinginan dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang disampaikan kepadanya.

"Saya menganggap hospitality (keramah-tamahan) ini adalah penting, bahwa kita dengan muka yang manis katanya, sembuh pasien 50 persen. Kan lumayan," kata Nila dalam sambutannya saat membuka Seminar Nasional yang diadakan oleh Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Kalau datang sudah cemberut-cemberut, awut-awutan habis jaga malam, mbok ya mandi sedikit lagi lah, maksudnya pak JK begitu kali. Lihat yang manis pasti sembuh, sakitnya dia lupa," Nila menambahkan, ditulis Kamis (25/7/2019).

2 of 3

Tenaga Kesehatan juga Harus Adaptasi Teknologi

Perawat (iStock)
Ilustrasi perawat (iStockphoto)

Sikap dan perilaku yang ramah tamah juga merupakan dua dari banyak hal yang harus dilakukan rumah sakit dan tenaga kesehatan dalam menyiapkan era Industri 4.0.

Nila juga meminta agar tenaga kesehatan juga belajar dan beradaptasi dengan penggunaan teknologi yang ada saat ini.

Nila memberikan contoh pada tenaga kesehatan perawat. Dia mengatakan, Indonesia saat ini butuh perawat yang juga ahli di bidang Intensive Care Unit (ICU).

"Kalau misalnya cuma perawat baru lulus enggak ngerti gimana kasih oksigen, tidak bisa dong, " kata Nila pada awak media di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

"Jadi kita dorong untuk menaikkan kompetensinya, " Nila menegaskan.

3 of 3

Simak juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by