Menkes Nila: Hadapi Era Industri 4.0, Kualitas SDM RS Juga Harus Ditingkatkan

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 23 Jul 2019, 15:00 WIB
Diperbarui 23 Jul 2019, 15:16 WIB
ilustrasi dokter

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Nila F. Moeloek meminta agar rumah sakit (RS) bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Khususnya menghadapi era Industri 4.0.

"Saya baru dorong ke perawat dulu. Misalnya contoh, perawat ahli ICU (Intensive Care Unit). Perlu tidak kita? Perlu banget. Kalau misalnya cuma perawat baru lulus enggak ngerti gimana kasih oksigen, tidak bisa dong," kata Nila pada awak media usai menghadiri Seminar Nasional Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia, di Jakarta, Selasa (23/7/2019).

"Jadi kita dorong untuk menaikkan kompetensinya," Nila menambahkan.

 

Menkes Nila meminta sumber daya manusia rumah sakit (RS) bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. (Foto: Giovani Dio Prasasti/Liputan6.com)
Menkes Nila meminta sumber daya manusia rumah sakit (RS) bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi. (Foto: Giovani Dio Prasasti/Liputan6.com)

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia, drg Susi Setiawaty, MARS, mengatakan bahwa untuk mengantisipasi perubahan dunia, rumah sakit juga harus bersiap-siap agar tidak kaget dengan perkembangan yang ada di dunia industri. Salah satunya di bidang teknologi.

"Sekarang artificial intelligence di rumah sakit bisa mendiagnosis lebih canggih. Nah, rumah sakit perlu aware, harus beradaptasi," kata Susi.

Manajemen rumah sakit juga didorong untuk melakukan perubahan serta inovasi di segala bidang untuk merespons tuntutan dan kebutuhan konsumen di masa yang akan datang.

Respons bijak dan cerdas akan perubahan ini juga harus melibatkan semua pihak termasuk pemangku kepentingan, institusi dan fasilitas kesehatan baik sektor pemerintah dan swasta, akademik, pendidikan, organisasi profesi, perusahaan, serta masyarakat.

"Perubahan sudah terjadi, jadi kita harus beradaptasi dan bagaimana rumah sakit itu menyiapkan diri supaya tidak tergerus."

2 of 2

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓