Sukses

4 Makanan Sehat dengan Harga Murah untuk Kesehatan Jantung

Jantung yang sehat dimulai dari makanan yang disantap

 

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat mulai sadar untuk mengonsumsi makanan sehat guna menjaga kondisi tubuh, salah satunya kesehatan jantung.

Jantung adalah otot yang bekerja paling keras dalam tubuh Anda. Jantung memompa dua ons darah di setiap detaknya, bertambah setidaknya 2.500 galon darah setiap harinya, seperti dikutip dari Library of Science's Mysteries. 

Makanan sehat yang bisa Anda santap biar jantung selalu sehat oatmeal. Kandungan tinggi serat dalam oatmeal dapat menurunkan kadar kolesterol. Ahli gizi asal News York, Lauren Graf merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi oatmeal instan, lantaran kandungan gulanya yang tinggi. 

Sebagai penggantinya, Lauren Graf menyarankan untuk mengonsumsi biji-bijian utuh lainya seperti roti gandum, bubur jagung yang juga baik bagi kesehatan jantung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan untuk Kesehatan Jantung

 

Ternyata tidak hanya oatmeal yang memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Ada beberapa makanan lain yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda. Berikut ini makanan yang juga bermanfat bagi kesehatan jantung.

1. Cokelat hitam

Beberapa penelitian menunjukan bahwa cokelat hitam bermanfaat bagi jantung. Sebuah penelitian pada 2012 menemukan bahwa konsumsi cokelat setiap hari dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Penalitian ini hanya untuk cokelat hitam tidak untuk jenis coklat lainnya. Sebab, dalam kandungan cokelat hitam terdapat 60 persen - 70 persen kakao.

Pada cokelat hitam juga mengandung flavonoid yang dapat membantu tekanan darah dan pembekuan darah.

 

3 dari 4 halaman

Teh Hijau untuk Kesehatan Jantung

 

Menurut sebuah studi pada 2013 menemukan bahwa orang yang lebih banyak mengonsumsi teh hijau, memiliki 20 persen lebih rendah terserang penyakit jantung dan stroke. Temuan ini memeperkuat penelitian terdahulu.

Tingkat kematian lebih rendah terjadi di kalangan penikmat teh hijau. Kandungan antioksidan yang dikenal katekin pada teh dipercaya memberikan efek pada jantung dan aliran darah.

 

4 dari 4 halaman

Avokad Biar Jantung Sehat

 

Buah yang lembut dan lezat ini memiliki reputasi yang baik untuk menyediakan lemak sehat bagi tubuh dan jantung.

Kandungan lemak tak jenuh tunggal dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Alpukat juga kaya akan antioksidan dan postadium.

4. Tomat

Tomat kaya akan kalium yang menyehatkan jantung. Tidak hanya itu tomat merupakan sumber antioksidan likopen yang baik.

Likopen adalah karotenoid yang dapat membantu menyingkirkan kolesterol "jahat", menjaga pembuluh darah terbuka dan menurunkan resiko serangan jantung.

 

Penulis : Eflien Anggelien

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini