Terungkap, Anggur Merah Bisa Bantu Manusia Tetap Sehat di Planet Mars

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 21 Jul 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 21 Jul 2019, 16:15 WIB
Wine

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian menemukan bahwa wine atau minuman anggur bisa menjadi salah satu cara yang mungkin bisa dilakukan oleh manusia, untuk tetap sehat apabila kita hidup di planet Mars. Jenis yang diuji coba di sini adalah anggur merah atau red wine.

Para peneliti menemukan bahwa bahan yang terkandung dalam anggur merah bisa melindungi otot dari atrofi atau penurunan otot muskoskeletal dalam gravitasi parsial di Mars.

Melansir New York Post pada Minggu (20/7/2019), senyawa itu adalah resveratrol yang banyak ditemukan dalam kulit anggur atau blueberry. Banyak penelitian telah menyatakan bahwa bahan ini terbukti mencegah tulang dan otot keropos.

Studi tersebut mengatakan, ini adalah kunci untuk hidup di luar angkasa, di mana manusia bisa kehilangan hingga 20 persen dari massa otot dalam waktu kurang dari dua minggu dalam gravitasi mikro.

"Resveratrol telah dipelajari secara ekstensif untuk manfaat kesehatannya, termasuk efek anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-diabetes," kata penulis studi senior Seward B. Rutkove, kepala divisi departemen neurologi Beth Israel Deaconess Medicall Center, Amerika Serikat.

2 of 4

Mengurangi Efek Gravitasi pada Otot

5 Manfaat Red Wine bagi Kesehatanmu yang Kamu Belum Ketahui
Minum wine satu gelas sehari bakal bikin kamu sehat!

Kebanyakan penelitian masih belum membahas tentang dampak resveratrol dalam gravitasi parsial. Namun, Rutkove dan timnya berhipotesis bahwa dosis harian dalam jumlah moderat, membantu mengurangi penurunan otot pada kondisi yang mereplikasi gravitasi parsial di Mars.

Dalam penelitian ini, para peneliti melakukan eksperimen pada dua lusin tikus jantan. Setengah dari mereka mengalami gravitasi parsial dengan seperempatnya menggunakan dosis harian resveratrol dan seperempat lagi tidak memakainya.

Setengah tikus sisanya mengalami gravitasi normal dengan pembagian konsumsi resveratrol yang sama.

 

3 of 4

Menjaga Kesehatan Manusia di Planet Mars

Wine
Ilustrasi Wine (iStockphoto)

Dua minggu kemudian, tikus dengan suplemen resveratrol memiliki retensi otot yang jauh lebih baik.

"Studi ini menekankan bahwa senyawa alami bisa menjadi kunci untuk menjaga kesehatan manusia saat kita melakukan perjalanan ke bulan dan ke planet merah," kata Marie Mortreux yang merancang penelitian ini.

Saat ini, para astronot mencoba mencegah atrofi dengan beberapa jam latihan. Meski begitu, ketika kembali ke Bumi, mereka tetap membutuhkan waktu lama untuk rehabilitasi setelah kehilangan ototnya.

Selain itu, daya gravitasi di Mars 40 persen lebih kuat daripada di Bumi.

Temuan ini dimuat di jurnal Frontiers in Physiology.

4 of 4

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓