Tubuh Bocah dari Arizona AS Melepuh Setelah Terkena Air dari Selang di Taman Rumah

Oleh Liputan6.com pada 21 Jul 2019, 09:00 WIB
Pitbull Tewaskan Bocah, Ini Fakta Si Bodyguard Handal Sekaligus Pemburu Mematikan

 

Liputan6.com, Arizona - Seorang bocah lelaki berumur sembilan bulan dari Arizona, Amerika Serikat, tidak sengaja tersiram air panas yang keluar dari selang taman ketika ibunya sedang mengisi kolam renang untuknya pada 2016.

Dilansir dari Mirror pada Sabtu, 20 Juli 2019, Dokter Kevin Foster, Direktur Arizona Burn Center mengatakan bahwa air yang berada di dalam selang taman itu terkena sinar matahari musim panas, yang membuat suhu air mencapai 190 derajat.

"Ini tidak mencapai titik didih, tetapi hampir sama dengan kopi yang diseduh dari panci," kata Kevin.

Anak-anak sangat rentan karena mereka cenderung bermain di luar dengan air dan selang, apalagi kulit mereka yang tipis dari orang dewasa dapat menyebabkan luka bakar yang lebih dalam apabila terkena air panas.

 

2 of 3

Suhu Air di Arizona Meningkat Lagi

Ilustrasi air (iStockphoto)
Ilustrasi air (iStockphoto)

 

Kevin memperingatkan bahwa luka bakar tingkat kedua dan ketiga yang disebabkan oleh air mendidih dari selang dapat terjadi ketika suhu naik di atas 100 derajat. Bahkan saat ini di Arizona AS suhu telah mencapai 115 derajat.

Jika keluarga Anda harus berhadapan dengan cuaca yang sangat panas, cobalah untuk menghindari selang air yang berada di luar sama sekali, jika hal itu mungkin, saran Kevin.

Jika anak ingin bermain di luar, pastikan untuk mengosongkan air yang ada di dalam selang atau gunakan penggulung selang sehingga air dapat dikosongkan setiap saat, jelas Kevin.

 

3 of 3

Penanganan

[Bintang] Semburan Air di Ngawi Jadi Tontonan Warga
Ilustrasi air. (iStockphoto)

 

Jika seseorang terluka akibat luka bakar yang lebih kecil dari telapak tangan Anda dan kulitnya berwarnah merah muda, Anda dapat menangganinya di rumah dengan air dingin tetapi bukan es, untuk membantu membatasi tingkat luka bakar.

Apabila lebih besar dari telapak tangan dan luka bakar lebih dalam segera periksakan ke dokter.

Kevin juga melihat bahwa orang yang terkena luka bakar akibat berjalan tanpa alas kaki atau tidak sengaja menyentuh benda logam.

Sebaiknya, hindari kedua hal tersebut untuk mencegah luka bakar pada musim panas.

Penulis: Febrianingsih Alamako

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait