Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Cara Tepat Bersihkan Penis Usai Bercinta

Sama seperti vagina, penis harus dibersihkan usai berhubungan intim.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga kebersihan penis usai bercinta jarang menjadi perhatian kaum adam. Padahal, sama seperti vagina, penis harus dibersihkan usai berhubungan intim.

"Sama seperti membersihkan piala dari debu secara rutin, membersihkan penis itu hal penting, terutama setelah digunakan," kata dokter John Zampella dari NYU Langone Preston Robert Tisch Center, Amerika Serikat.

Usai berhubungan seks, ada banyak hal yang menempel di penis, seperti cairan lubrikasi pasangan, pelumas, sperma, dan kulit mati. Itu sebabnya perlu membersihkan organ intim ini sebelum 'menyimpannya'.

Menurut John, membersihkan sisa-sisa cairan yang menempel di penis dan sekitar selangkangan bisa menggunakan tisu atau handuk basah. Namun, akan lebih baik lagi jika menggunakan sabun kemudian dibasuh dengan air hangat. Hal ini perlu dilakukan, apalagi usai Anda melakukan seks anal seperti disampaikan John.

"Pastikan sabun yang digunakan lembut, tidak menggunakan pewangi tambahan," kata John kepada Men's Health, Kamis (18/7/2019).

Jangan lupa juga untuk buang air kecil setelah bercinta karena hal ini membantu mencegah infeksi saluran kemih. Buang air kecil usai bercinta juga menjaga uretra tetap bersih.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengapa Penis Perlu Dibersihkan?

Membersihkan penis itu penting dilakukan baik Anda usai melakukan seks vaginal, oral, atau anal. Pada seks oral, air liur yang menempel terlalu lama bisa menyebabkan masalah.

"Di dalam air liur ada enzim yang membantu memecah makanan agar lebih mudah dicerna, enzim-enzim ini memang tidak akan 'mencerna' penis tapi dapat menyebabkan penis iritasi. Terutama di sekitar lubang kencing," kata John.

Membersihkan penis juga paling penting bila Anda melakukan seks anal untuk menyingkirkan bakteri yang mungkin menyebabkan infeksi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.