Sukses

Berat Badan Turun 103 Kg, Arya Permana Kini Bisa Main Bola

Tak lagi obesitas, bocah asal Karawang Jawa Barat, Arya Permana, kini sudah tak lagi sesak napas saat bermain sepak bola.

Liputan6.com, Bandung Pasien eks obesitas Arya Permana (13) yang dirawat jalan secara intensif oleh Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, mengaku kini bisa bermain sepak bola selama satu pertandingan. Hal itu dapat dilakukan oleh usai berat badan bocah asal Karawang, Jawa Barat ini turun dari 190 kilogram menjadi 87 kilogram.

Sebelum berat badan berkurang, Arya Permana hanya bisa bertanding hanya lima menit. Bahkan kadang-kadang ia tidak bisa bermain sama sekali. Setelah berat badan turun, Arya tak lagi mengalami masalha pernapasan.

"Berkurang rasa sesak. Hambatan sih enggak ada tapi kalau main bola suka enggak nyaman sama kulit gitu. Sekarang lebih kuat main bolanya," kata Arya di poliklinik anak RSHS, Bandung, Rabu, 17 Juli 2019.

Tak lagi ada masalah dengan pernapasan, Arya pun rutin melakukan olahraga kesukaannya itu. Biasanya, ia bermain di posisi center back. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga pola makan dan olahraga jelang operasi bedah plastik

Pola makan Arya saat ini jauh berkurang dari awal dirinya superobesitas. Dia mengaku, pola makan yang terjaga dan berolahraga menjadi kesehariannya menjelang tindakan operasi bedah plastik mendatang.

"Enggak ada persiapan khusus. Hari ini cuman kontrol (kesehatan) doang," lanjut remaja yang kini duduk di di bangku kelas 1 Sekolah Menengah Pertama ini. 

Pemeriksaan kesehatan itu diantaranya adalah pemeriksaan jantung, contoh darah dan kejiwaan. Arya mengaku siap menjalani operasi bedah plastik yang memakan waktu berkisar 4 - 5 jam.

Rencananya pada tanggal 24 Juli mendatang, tim dokter spesialis bedah plastik akan melakukan operasi mengikis kelebihan kulit Arya. Lokasi kelebihan kulit yang dialami oleh Arya berada di daerah dada, lengan, tangan dan kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Arya Permana lahir di Karawang, Jawa Barat 10 tahun lalu. Ia menjadi sorotan karena berat tubuhnya yang berlebih.
    Arya Permana lahir di Karawang, Jawa Barat 10 tahun lalu. Ia menjadi sorotan karena berat tubuhnya yang berlebih.

    Arya Permana

  • Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebihan sehingga membuat berat badan di atas normal.

    Obesitas