Sukses

Cara Sederhana yang Bisa Orangtua Lakukan agar Anak Suka Makanan Sehat

Makan makanan sehat harus diterapkan ke anak.

Liputan6.com, Jakarta - Dokter spesialis gizi klinis, Diana F Suganda MKes menekankan kembali pentingnya peranan orangtua guna mencegah anak jadi sulit makan.

Menurut Diana, ayah dan ibu punya peranan besar, supaya si Kecil mau makan apa saja, termasuk makanan sehat.

"Saya punya pasien yang bawa anaknya. Pasien ini mau anaknya makan yang benar. Yang saya tanya duluan orangtuanya, apakah mereka suka makan sayur dan buah, ternyata tidak," kata Diana dalam diskusi 'Eat Like a Pro Cegah Obesitas pada Anak' di Jakarta Selatan belum lama ini. 

 Dia mengatakan, bila ingin anak makan sayur dan buah, orangtua harus terlebih dulu suka. Sebab, ketika orangtua sering memperlihatkan kepada anak bahwa suka makan sayur dan buah, anak pun akan mencontohnya.

"Orangtua pun bisa melibatkan anak dalam semua proses, seperti mengupas jeruk. Selain pengenalan juga bisa berikan kesan," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Contoh

 

Celebrity chef, Steby Rafael, rupanya menerapkan cara yang sama seperti pemaparan Diana itu. Di rumah, Steby bersama istri bersama-sama memberikan contoh agar anaknya yang kini berumur dua tahun mau makan makanan sehat seperti buah dan sayur.

Steby menceritakan bahwa anaknya itu lebih suka makan sendiri. Dan lahap saat diberikan sayur dan buah.

Hal lain yang Steby lakukan adalah memperkenalkan banyak macam bahan-bahan makanan ke anaknya.

"Kita kenalkan bahwa makanan itu tidak cuma satu jenis. Saya kasih buah-buahan dan sayuran, membiarkan dia pilih mana yang disuka," katanya pada kesempatan yang sama.

 

 

3 dari 3 halaman

Biar Anak Tertarik Makan Makanan Sehat

 

Steby menekankan bahwa menumbuhkan ketertarikan anak untuk mengonsumsi makanan sehat dapat dibangun melalui tampilan makanan yang menarik tanpa mengabaikan rasa yang nikmat.

"Untuk merealisasikannya, tak hanya pada proses memasak, tapi juga dari pemilihan bahan makanan, penyimpanan, dan penyajian harus mendapatkan porsi perhatian yang lebih," ujarnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.